Secondary Nav

Menu

Pendidikan Matematika

PENDIDIKAN MATEMATIKA S1 (S-1 TERAKREDITASI B) SK BAN PT NOMOR: 846/SK/BAN-PT/Akred/S/VIII/2015

PROFIL DOSEN


Nur Fathonah, S.Pd., M.Pd.
Ketua Program Studi Pendidikan Matematika

PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Matematika IKIP PGRI Surabaya
S2 Teknologi Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli 

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Matematika

UNIT KERJA:
Pendidikan Matematika

 


Erna Puji Astutik, S.Si., M.Pd., M.Sc.
Kepala Laboratorium Komputasi Pendidikan Matematika

PENDIDIKAN:
S1 Matematika Universitas Negeri Surabaya
S2 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya
S2 Mathematics Education Curtin University of Technology

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Tenaga Pengajar

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Matematika

UNIT KERJA:
Laboratorium Komputasi

 


Moh. Syukron Maftuh, S.Pd., M.Pd.
Kepala Seksi Pengalaman Lapangan

PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana
S2 Pendidikan Matematika Universitas Negeri Surabaya

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Tenaga Pengajar

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Matematika

UNIT KERJA:
Pendidikan Matematika

 

Beroprasi sejak 1981, dengan SK Kopertis VII No 110/Q/1983, Pendidikan Matematika adalah salah satu jurusan dibawah naungan lembaga pendidikan tinggi Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang mampu melahirkan kompetensi lulusan yang profesional yang sesuai dengan Visinya yaitu menjadikan tenaga pendidik matematika yang profesional dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan yang terjadi di masyarakat serta Misinya yaitu Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan tenaga pendidik matematika yang berkompeten, Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam pendidikan dan pembelajaran matematika serta Mengembangkan progam pendidikan dan pembelajaran berbasis kewirausahaan.

VISI

Menjadi program studi pendidikan matematika yang unggul dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi di bidang pendidikan matematika yang berkarakter Peduli, Amanah, Gigih, dan Inovatif pada tahun 2020.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran untuk menghasilkan tenaga pendidik matematika yang berkompeten, yang mencakup kompetensi pedagogik, profesional, sosial serta mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran matematika yang berbasis IT.
  2. Melaksanakan dan mengembangkan hasil-hasil penelitian dibidang pendidikan matematika yang relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam pendidikan dan pembelajaran matematika.
  4. Mengembangakan program pendidikan dan pembelajaran matematika yang berbasis kewirausahaan.
  5. Mengadakan kerjasama dengan pihak-pihak terkait yang dapat menunjang pelaksanaan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat secara berkelanjutan.
  6. Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia yang menunjang pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  7. Mengembangkan kualitas dan kuantitas sarana dan prasarana yang mendukung terlaksananya pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
  8. Mengembangkan suasana akademik yang kondusif untuk menunjang penyelenggaraan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat.
  9. Mengkaji kurikulum secara berkala sesuai dengan kebutuhan stakeholder.

TUJUAN

  1. Menguasai dan memahami konsep-konsep analisis, aljabar, geometri, statistika, matematika terapan dan non matematika.
  2. Memiliki kemampuan bernalar, abstraksi dan generalisasi.
  3. Menguasai dan menerapkan pembelajaran inovatif
  4. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi serta mampu memanfaatkan untuk pembelajaran dan pengembangan diri secara berkelanjutan.
  5. Terampil melaksanakan penelitian ilmiah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran matematika
  6. Mampu melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Matematika.
  7. Memiliki sikap kreatif, inovatif, mandiri, tangguh dan berdaya saing tinggi sebagai inti dari jiwa kewirausahaan.

FASILITAS

Mata kuliah non praktek dilaksanakan di ruang kuliah ber-AC dengan fasilitas: LCD,white board, OHP, Wifi. Untuk mata kuliah praktek dilaksanakan di laboratorium komputasi dengan fasilitas: Komputer, LCD, Wifi, whiteboard, dan printer.

KERJASAMA

Dalam progam pengembangan jurusan, Progam Studi Pendidikan Matematika melakukan kerja sama dengan lembaga bimbingan belajar Primagama, Penerbit Erlangga, Standard Bolpoin dan Ikatan Alumni Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya terutama dalam kegiatan kemahasiswaan.

PROSPEK LULUSAN

Memiliki keahlian dalam penguasaan ilmu dan keterampilan yang sesuai sengan progam Studi Pendidikan Matematika sehingga akan menjadi seorang pendidik yang profesional serta memiliki kompetensi personal, social dan berwawasan global.

  1. Memiliki sikap dan perilaku yang diperlukan oleh seorang pendidik dalam berkarya menurut tingkat keahlian yang berdasarkan pada keilmuan dan keterampilan yang dikuasai
  2. Pemahaman terhadap peserta didik ditinjau dari perkembangan psikologis, social dan budaya.
  3. Berkomunikasi secara profesional dengan orang atau lembaga terkait.

Peluang kerja bagi lulusan Progam Studi Pendidikan Matematika Universitas PGRI Adi Buana Surabaya beragam antara lain :

  1. Dslsm kependidikan formal (menjadi guru matematika di SD, SMP, SMA, maupun SMK)
  2. Dalam kependidikan non formal (menjadi seorang instruktur bimbingan belajar dan les privat)
  3. Selain itu dalam bidang non kependidikan dapat menjadi seorang ahli pemograman atau programmer (yunior) computer

INFORMASI TENTANG CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN KUALIFIKASI HASIL YANG DICAPAI (INFORMATION ON LEARNING OUTCOMES AND QUALIFICATIONS)

Capaian Pembelajaran / Learning Outcomes

Sikap

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan
  11. Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik
  12. Menginternalisasi sikap peduli, amanah, gigih, dan inovatif

 

Attitude

  1. Be cautious of God Almighty and able to show a religious attitude
  2. Ability to uphold the value of humanity in performing duties based on religion, morals, and ethics
  3. Ability to contribute in improvement the quality of life of society, nation, state, and civilization progress based on Pancasila
  4. Ability to have a role as a proud and love of the homelandcitizen, has nationalism and a sense of responsibility to the state and nation
  5. Ability to respect the diversity of cultures, views, religions, and beliefs, as well as the original opinions or findings of others
  6. Ability to work together and having social sensitivity and concern for the community and the environment
  7. Ability to obey the law and discipline in social and state life
  8. Ability to internalize academic values, norms, and ethics
  9. Ability to demonstrate the responsible attitude of the work in the field of expertise independently
  10. Ability to internalize the spirit of independence, struggle, and entrepreneurship
  11. Ability to understand their self as a whole as an educatorAbility to internalize caring, trustworthy, persistent, and innovative attitude

Pengetahuan

  1. Menguasai konsep, instrumentasi, dan praksis psikologi pendidikan
  2. Menguasai teori belajar dan pembelajaran
  3. Menguasai konsep dan metode keilmuan yang menaungi substansi bidang kajian
  4. Melakukan pendalaman bidang kajian sesuai dengan lingkungan dan perkembangan jaman
  5. Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk melaksanakan pembelajaran di satuan pendidikan dasar dan menengah
  6. Menguasai konsep matematika yang diperlukan untuk studi ke jenjang berikutnya
  7. Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan pembelajaran berbasis ipteks
  8. Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melaksanaan pembelajaran inovatif berbasis ipteks
  9. Menguasai konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melakukan evaluasi berbasis ipteks
  10. Menguasai metodologi penelitian pendidikan matematika (peneliti)
  11. Memiliki pengetahuan dasar kewirausahaan dan kemampuan komunikasi publik (edupreneur)
  12. Menguasai konsep pengolahan data statistik di bidang penelitian pendidikan dan sosial

 

 

Knowledge

  1. Mastering the concepts, instrumentation, and praxis of educational psychology
  2. Mastering the learning theory
  3. Mastering the concepts and methods of science that cover the substance of the field of study
  4. Ability to deepen the field of study in accordance with the environment and the era development
  5. Mastering the mathematical concepts needed to implement learning in elementary and secondary education units
  6. Mastering the mathematical concepts needed for further study
  7. Mastering the concepts and principles of didactic-pedagogical mathematics and mathematical science to plan science and technology-based learning
  8. Mastering the concepts and principles of didactic-pedagogical mathematics and mathematical science to implement innovative learning based on science and technology
  9. Mastering the concepts and principles of didactic-pedagogical mathematics and mathematical science to evaluatebased on science and technology
  10. Mastering the research methodology of mathematics education (researcher)
  11. Have a basic knowledge of entrepreneurship and public communication skills (edupreneur)
  12. Mastering the concept of statistical data processing in the field of educational and social research

 

Keterampilan Umum

  1. Mampumenerapkan pemikiran  logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
  2. Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi
  5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

General Skills

  1. Ability to apply logical, critical, systematic, and innovative thinking in the context of development or implementation of science and technology that concerns and implements the value of humanities in accordance with their areas of expertise
  2. Ability to show independent performance, have a certain quality, and measurable
  3. Ability to examine the implications of the development or implementation of science and technology that concerns and implements the value of humanities in accordance with their expertise based on rules, procedures and scientific ethics in order to produce solutions, ideas, designs or art criticisms
  4. Ability to write a scientific description of the results of the above study in the form of thesis or final project report, and upload it in the university website
  5. Ability to make decisions appropriately in the context of problem solving in the area of ​​expertise, based on the results of information and data analysis
  6. Ability to maintain and develop a network with supervisors, colleagues, peers both inside and outside the institution
  7. Ability to do a self-evaluation process against working groups that are under their responsibility, and ability to manage learning independently
  8. Ability to document, store, secure, and rediscover data to ensure validity and prevent plagiarism

 

Keterampilan Khusus

  1. Mengidentifikasi karakteristik peserta didik dari aspek fisik, psikologis, sosial, dan kultural untuk kepentingan pembelajaran
  2. Memberikan layanan kepada peserta didik sesuai dengan karakteristiknya
  3. Mengembangkan potensi peserta didik secara optimal
  4. Memilih pendekatan dan model pembelajaran, bahan ajar, dan penilaian untuk kepentingan pembelajaran
  5. Menerapkan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam perencanaan, penyelenggaraan proses pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengelolaan pembelajaran
  6. Memperbaiki kualitas pembelajaran berdasarkan penilaian proses dan penilaian hasil belajar
  7. Mengembangkan lingkungan belajar yang aman, menyenangkan, dan menantang peserta didik untuk berkreasi
  8. Mengembangkan kurikulum sesuai dengan bidang tugas
  9. Mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk merencanakan pembelajaran dengan memanfaatkan ipteks yang berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills)
  10. Mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melaksanaan pembelajaran inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar berbasis ipteks dan berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills)
  11. Mengaplikasikan konsep dan prinsip didaktik-pedagogis matematika serta keilmuan matematika untuk melakukan evaluasi dengan memanfaatkan ipteks yang berorierentasi pada kecakapan hidup (life skills)
  12. Merancang dan melaksanakan penelitian serta melaporkan dan mempublikasikan hasilnya, sehingga dapat digunakan sebagai alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan matematika
  13. Mampu mengambil keputusan strategis di bidang pendidikan matematika berdasarkan informasi dan data yang relevan
  14. Mampu berkomunikasi dan beradaptasi dengan lingkungan kerja dan masyarakat baik lokal, nasional, regional, maupun internasional
  15. Mampu mengambil keputusan yang tepat di bidang pendidikan matematika berdasarkan analisis informasi dan data (edupreneur)
  16. Mampu mengolah data statistik di bidang penelitian pendidikan dan sosial

Specific Skills

  1. Ability to identify the characteristics of students from the physical, psychological, social, and cultural aspects of learning
  2. Ability to provide services to students according to their characteristics
  3. Ability to develop the students potential optimally
  4. Ability to choose approaches and models of learning, teaching materials, and assessments for learning purposes
  5. Ability to implement information and communication technology in planning, implementing, evaluating, and managinglearning
  6. Ability to improve the quality of learning based on process assessment of learning process and learning outcomes
  7. Ability to develop learning environment that safe, fun, and challenging for students to be creative
  8. Ability to develop curriculum according to the task field
  9. Ability to implement the concepts and principles of didactic-pedagogical mathematics and mathematical science to plan learning by utilizing science and technologythat life skills oriented
  10. Ability to implement the concepts and principles of didactic-pedagogical mathematics and mathematical science to implement innovative learning by utilizing various science and technology-based sources of learning and life skills oriented
  11. Ability to implement the concepts and principles of didactic-pedagogical mathematics and mathematical science to evaluate by utilizing science and technologythat life skills oriented
  12. Ability to design and conduct research and report and publish the results, so that it can be used as an alternative problem solving in the field of mathematics education
  13. Ability to make strategic decisions in the field of mathematics education based on relevant information and data
  14. Ability to communicate and adapt to the work environment and the community whether local, national, regional, or international
  15. Ability to make the right decision in the field of mathematics education based on information and data analysis (edupreneur)
  16. Ability to process statistical data in the field of educational and social research

 

 

 

  • Akademik
  • Humas