Secondary Nav

Menu

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (S-1 TERAKREDITASI B) SK BAN PT NOMOR: 164/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VIII/2013


Dr. Sunu Catur Budiyono, M.Hum.
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia
PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Negeri Malang
S2 Linguistik Universitas Udayana
S3 Ilmu Sosial Universitas Airlangga

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Lektor

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

UNIT KERJA:
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 


Tri Indrayanti, S.Pd., M.Pd.
Kepala Laboratorium Bahasa dan Sastra PBSI
PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta
S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sebelas Maret

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Tenaga Pengajar

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

UNIT KERJA:
Laboratorium Bahasa dan Sastra Indonesia

 


Dr. Agung Pramujiono, M.Pd.
Kepala UPT. Program Pengalaman Lapangan FKIP
PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Negeri Malang
S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya
S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Lektor Kepala

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

UNIT KERJA:
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

Progam Studi Pendidikan Bahasa dn Sastra Indonesia berdiri sejak tahun 1983, dengan Nomor SK Pendirian 377/Q/1984 dan telah meluluskan banyak tenaga guru (sebagian besar), selebihnya sebagai wartawan, penyiar radio, tenaga di Telivisi dan lain-lain. Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia telah terakreditasi B, hingga saat ini terus menjalankan progam DIA BERMUTU BATCH III dari DIKTI untuk meraih akreditasi A.

 

VISI

Menjadi program studi yang berkualitas dan diunggulkan masyarakat pada tahun 2020 serta menghasilkan pendidik yang berkarakter Peduli, Amanah, Gigih, dan Inovatif.

MISI

  1. Melaksanakan pendidikan dalam rangka tercapainya pendidik yang berkompeten.
  2. Melaksanakan penelitian bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia.
  4. Mengembangkan dan mengaplikasikan kurikulum bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis KKNI.
  5. Mengoptimalkan  atmosfer akademik demi tercapainya profesionalisme pendidik.
  6. Mengembangkan pendidikan wirausaha yang inovatif serta berdaya guna berlandaskan keilmuan PBSI

TUJUAN

Menghasilkan lulusan yang memiliki profil kompetensi:

  1. Menciptakan pendidik yang berkompeten dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia.
  2. Meningkatkan kompetensi pendidik dan tenaga kependidikan.
  3. Mengoptimalkan  jumlah dan mutu prasarana dan sarana akademik.
  4. Melakukan penelitian secara mandiri maupun kolaboratif.
  5. Melakukan pengabdian kepada masyarakat terkait pembelajaran,  penulisan karya ilmiah, dan peningkatan wawasan masyarakat.
  6. Menghasilkan Kurikulum PBSI berbasis KKNI.
  7. Memiliki jiwa inovatif, tangguh, mandiri, dan jujur sebagai esensi jiwa kewirausahaan

PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia adalah sebagai pendidik, peneliti, wirausaha bidang bahasa dan sastra Indonesia dan pembelajarannya yang memiliki:

  1. pengetahuan kependidikan;
  2. pengetahuan kebahasaan;
  3. pengetahuan kesastraan;
  4. keterampilan berbahasa Indonesia;
  5. keterampilan bersastra Indonesia;
  6. kemampuan mengembangkan pembelajaran;
  7. kemampuan menilai hasil belajar bahasa Indonesia peserta didik;
  8. kemampuan meneliti kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia;
  9. kemampuan menciptakan solusi kesulitan belajar bahasa Indonesia peserta didik;
  10. kemampuan dalam pembinaan dan pengembangan bahasa Indonesia;
  11. kemampuan kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia serta pembelajarannya;
  12. kemampuan mengimplementasikan nilai-nilai SEMANGAT PAGI (Peduli, Amanah, Gigih, Inovatif) dalam  kehidupan sehari-hari.

 

CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian pembelajaran Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia terdiri atas:

       A. Sikap dan Tata Nilai (S)
       B. Pengetahuan (P)
       C. Keterampilan Umum (KU)
       D. Keterampilan Khusus (KK)

  1. Sikap dan Tata Nilai Program Sarjana, Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S)
  1. Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika.
  3. Berkontribusi dalam meningkatkan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada Negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Kerja sama dan memiliki kepekaan social serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hokum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Memiliki kepedulian dalam menjaga dan merawat kesehatan diri dan lingkungan.
  10. Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri.
  11. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan,dan kewirausahaan.
  12. Menginternalisasi nilai-nilai SEMANGAT PAGI (Peduli, Amanah, Gigih, Inovatif) dalam kehidupan sehari-hari.

      B.   Penguasaan Pengetahuan (P)

  1. Mampu menguasai konsep-konsep dasar kebahasaan dan kesastraan, keterampilan berbahasa dan bersastra, pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra, serta penelitian pendidikan bahasa dan sastra (C2).
  2. Mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pedagogi dan psikologi pendidikan (C3).
  3. Mampu menganalisis praktik pengembangan pembelajaran bahasa dan sastra (C4).
  4. Mampu mengevaluasi pembelajaran bahasa dan sastra serta penelitiannya (C5).
  5. Mampu menciptakan kewirausahaan bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya (C6).

       C.   Keterampilan Umum (KU)

  1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
  2. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya berdasarkan hasil analisis informasi dan data, menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
  3. Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
  4. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  5. Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
  6. Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun luar negeri.
  7. Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  8. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara sendiri.
  9. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

       DKeterampilan Khusus (KK)

  1. Mampu berbahasa dan bersastra Indonesia, secara lisan dan tulisan dalam konteks keseharian/umum, akademis, dan pekerjaan, serta mampu menggunakan salah satu bahasa daerah.
  2. Mampu mengapresiasi, mengekspresi, mengkreasi karya sastra Indonesia secara lisan dan tulis.
  3. Mampu menganalisis dan menerapkan teori, konsep, pendekatan dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia; serta menghasilkan desain pembelajaran yang inovatif untuk pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  4. Mampu merencanakan dan melakukan kajian terhadap implementasi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia melalui pendekatan secara terintegrasi.
  5. Mampu menjadi guru yang professional dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  6. Mampu menjadi wirausahawan yang professional dalam bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya.
  7. Mampu menjadi peneliti yang handal dalam bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya.
  8. Mampu menjadi penyuluh bahasa yang professional dan komunikatif.
  9. Mampu menjadi jurnalis yang profesional.

 

FASILITAS

Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki laboratorium drama yang digunakan mahasiswa untuk berlatih teater, musikalisasi puisi, laboratorium bahasa, ruang diskusi, dan ruang-ruang kuliah berfasilitas memadai untuk proses belajar mengajar.

KERJASAMA

Kerjasama yang sampai saat ini masih berjalan yaitu dengan Balai Bahasa Jawa Timur dalam hal Seminar Internasional, pelatihan guru diberbagai kota di Jawa Timur, sekolah-sekolah dalam hal PTK dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia.

Beberapa bentuk kerjasama yang dipayungi oleh lembaga dan telah dilakukan antara lain dengan (a) Balai Bahasa Jawa Timur, (b) HPBI Jatim, (c) Multi Media Training Center (MMTC) Yogyakarta, (d) Pusat Katekik (Puskat) Yogyakarta, (e) Universitas of Malaya Malaysia, (f) Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia (UPSI), (g) SEAMEO SEAMOLEC, dan (h) lembaga pendidikan jenjang SMP dan SMA sebagai sekolah mitra.

PROSPEK LULUSAN

Lulusan Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terutama menjadi guru Bahasa Indonesia yang profesional dan profesi lain yang berkaitan dengan kebahasaan seperti : sastrawan, wartawan, editor bahasa, penulis, fotografer, dan sebagainya.

AKTIVITAS 

Mahasiswa PBSI juga aktif dalam organisasi Himpunan Mahasiswa Bahasa Indonesia (Himanesa), Senat Mahasiswa FKIP (Sema FKIP), Ikatan Mahasiswa Bahasa dan Sastra Indonesia se-Indonesia (IMABSII), dan Ikatan Mahasiswa Keguruan dan Ilmu Pendidikan Seluruh Indonesia (IMAKIPSI). Selain itu, mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan ekstrakurikuler tingkat fakultas maupun universitas baik bidang pramuka, paduan suara, pencinta alam, mapsos, teater, dan penalaran.

Jenis kegiatan ekstrakurikuler yang diikuti oleh mahasiswa berdasarkan minat mahasiswa. Ragam kegiatan di tingkat universitas meliputi: UKM Kerohanian (UKKI dan UKKK), UKM Olahraga (silat, karate, futsal, voli, bulu tangkis, basket, sepak bola), UKM Seni (paduan suara, teater, fotografi, musik), UKM Kepemudaan (Pramuka, KSR PMI, Mapala, CSR), dan UKM Penalaran. Pada tingkat program studi terdapat ekstrakurikuler: musikalisasi puisi (sastra akustik), tari, dan banjari (Jam’iyatus Syu’aro).

Kegiatan ekstrakurikuler ini merupakan kegiatan pilihan wajib bagi mahasiswa. Artinya, mahasiswa bebas memilih kegiatan tersebut, namun wajib mengikuti salah satu dari berbagai kegiatan yang ada. Di samping kegiatan tersebut, ada kegiatan yang wajib diikuti mahasiswa PBSI, yaitu Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa Tingkat Dasar (LKMM-TD) dan Malam Keakraban (MK). LKMM Tingkat Dasar diselenggarakan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan manajerial mahasiswa dalam kehidupan berorganisasi maupun bagi individu yang bersangkutan serta menguatkan softskill mahasiswa.

 

 

 

  • Akademik
  • Humas