Secondary Nav

Menu

Fakultas Ilmu Kesehatan


Yefi Marliandiani, S.S.T., M.Kes.
Dekan Fakultas Ilmu Kesehatan

PENDIDIKAN:
S1 Kebidanan Universitas Padjajaran Bandung
S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro Semarang

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli 

UNIT HOMEBASE:
Program Studi D3 Kebidanan

UNIT KERJA:
Fakultas Ilmu Kesehatan

 


Retno Setyo Iswati, S.S.T., M.Keb.
Wakil Dekan II Fakultas Ilmu Kesehatan

PENDIDIKAN:
D3 Kebidanan Poltekkes Depkes Sutomo Surabaya
D4 Kebidanan Universitas Padjajaran Bandung
S2 Kebidanan Universitas Brawijaya Malang

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli 

UNIT HOMEBASE:
Program Studi D3 Kebidanan

UNIT KERJA:
Fakultas Ilmu Kesehatan

 


Setiawandari, S.S.T., M.Kes.
Wakil Dekan I & III Fakultas Ilmu Kesehatan

PENDIDIKAN:
D3 Kebidanan Politeknik Kesehatan Depkes Surabaya
D4 Kebidanan STIKES Insan Unggul Surabaya
S2 Kedokteran Keluarga Universitas Sebelas Maret Surakarta

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Tenaga Pengajar

UNIT HOMEBASE:
Program Studi D3 Kebidanan

UNIT KERJA:
Fakultas Ilmu Kesehatan

VISI
Terwujudnya Institusi Pendidikan Kesehatan yang unggul di tingkat Nasional dan berwawasan global dan menghasilkan lulusan bidang kesehatan yang berdaya saing tinggi dan berkarakter Semangat PAGI pada tahun 2020.

MISI

  1. Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran yang mutakhir untukmenghasilkan lulusan  yang kompeten, dan professional di bidang  Kesehatan yang berkarakter Semangat PAGI.
  2. Melaksanakan penelitian yang komprehensif di bidang kesehatan, serta layak untuk dipublikasikan pada tingkat nasional dan internasional yang berkarakter Semangat PAGI.
  3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat dalam bidang  Kesehatan yang berkarakter Semangat PAGI untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat
  4. Melaksanakan Kerjasama dengan institusi Pendidikan dan non pendidikan dalam bidang  Kesehatan yang berkarakter Semangat PAGI baik tingkat Nasional maupun Internasional.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang kompeten dan professional dalam bidang kesehatan sehingga mampu berperan dalam meningkatkan keterampilan dan pemberdayaan sesuai dengan bidangnya di  masyarakat
  2. Meningkatkan penyelenggaraan pendidikan ilmu kesehatan yang unggul pada tingkat nasional dan berwawasan global khususnya dibidang kesehatan.
  3. Melaksanakan Penelitian untuk menghasilkan ilmu pengetahuan dan tekhnologi khususnya dibidang kesehatan dan layak dipublikasikan pada jurnal ilmiah nasional dan internasional.
  4. Melaksanakan Pengabdian kepada Masyarakat dalam memberdayakan masyarakat untuk meningkatkan kemampuan tertentu.
  5. Mewujudkan jejaring tingkat nasinal dan global untuk meningkatkan kualitas tri dharma perguruan tinggi
  6. Mewujudkan keterampilan khusus  Ilmu Kesehatan  berkarakter Semangat PAGI.

 

JOB DESKRIPSI

DEKAN

TUGAS
Dekan bertugas menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, pembinaan dosen dan tenaga kependidikan, serta kegiatan kemahasiswaan dan melakukan koordinasi atas kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan pada tingkat fakultas.Dekan bertugas menyelenggarakan Tridharma Perguruan Tinggi, pembinaan dosen dan tenaga kependidikan, serta kegiatan kemahasiswaan dan melakukan koordinasi atas kebutuhan sarana dan prasarana pendidikan pada tingkat fakultas.

FUNGSI

  1. Merumuskan   dan   menetapkan   kebijakan   dalam   bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat;
  2. Mengkoordinasikan   pelaksanaan   Tridharma   di   lingkungan fakultas secara profesional;
  3. Melaksanakan Sistem Penjaminan Mutu dalam penyelenggara- an pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, membina dosen, mahasiswa, dan tenaga administrasi;
  4. Merumuskan  dan  menetapkan  kebijakan  pembinaan  karier dosen dan tenaga kependidikan di fakultas;
  5. Merumuskan  dan  menetapkan  kebijakan  pembinaan  dalam bidang kemahasiswaan di fakultas;
  6. Mengkoordinasikan, mengembangkan kurikulum program studi berdasarkan KKNI dan menyelenggarakan pendidikan secara akuntabel berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku;
  7. Mengesahkan penetapan dosen pembina mata kuliah;
  8. Mengusulkan pengangkatan dosen kepada Rektor;
  9. Menetapkan   jadwal   sistem   perkuliahan   sesuai   dengan ketentuan yang berlaku;
  10. Mengkoordinasikan   penetapan   konversi   bagi   mahasiswa pindahan, mahasiswa aktif kembali, perpanjangan masa studi dan mahasiswa warga negara asing;
  11. Memutuskan  dan  menetapkan  kelulusan  maupun  drop-out mahasiswa berdasarkan ketentuan akademik yang berlaku;
  12. Mengusulkan  sanksi  mahasiswa  yang  melakukan  tindakan pelanggaran disiplin kepada Rektor; dan
  13. Menyelenggarakan hubungan kerja sama dengan Lembaga-Lembaga   pemerintah   atau   swasta   baik   internal maupun eksternal atas persetujuan Rektor.

WEWENANG
Dekan berwewenang menentukan implementasi program Tridharma Perguruan Tinggi, pembinaan dosen dan tenaga kependidikan serta kegiatan kemahasiswaan, dan mengkoordinasikan kebutuhan sarana prasarana pendidikan di fakultasnya

TANGGUNG JAWAB
Dalam melaksanakan tugasnya, Dekan bertanggung jawab kepada Rektor melalui Wakil Rektor

 

WAKIL DEKAN I DAN III BIDANG AKADEMIK, KEMAHASISWAAN DAN ALUMNI

TUGAS :

  1. Mengorganisir pelaksanaan pendidikan dan pengajaran di FIKes
  2. Merencanakan pengembangan akademi dan pelayananan akademin kepada mahasiswa;
  3. Menjamin pelaksanaan pelayanan akademik kepada mahasiswa sesuai standar mutu FIKes ;
  4. Merumuskan pengembangan kurikulum FIKes yang relevan dengan pengembangan lingkungan;
  5. Mengkoordinir dosen dalam kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat untuk mendukung peningkatan keilmuan;
  6. Mengkoordinasi pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), magang mahasiswa dan KKN;
  7. Merumuskan dan melaksanakanpenjaminan mutu akademik FIKes ;
  8. Merumuskan manual mutu FIKes ;
  9. Mengkoordinir pelaksanaan penjaminan mutu akademik FIKes ;
  10. Mengontrol dan mengevaluasi pelaksanaan penjaminan mutu akademik Fakultas Ilmu Kesehatan;
  11. Mengkoordinasikan kegiatan evaluasi program studi dalam rangka pelaksanaan akreditasi;
  12. Sebagai pejabat ex-officio pusat penelitian dan pengabdian masyarakat
  13. Melakukan evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas kepada Dekan
  14. Bertugas membantu Dekan dalam memimpin pelaksanaan kegiatan dibidang pembinaan kemahasiswaan, pelayanan kesejahteraan mahasiswa dan alumni
  15. Bertanggung jawab kepada Dekan menyusun rencana dan program kerja bidang pembinaan dan pelayanan kemahasiswaan sebagai pedoman pelaksanaan program
  16. Membagi tugas kepada bawahan sesuai dengan bidangnya
  17. Memberi arahan kepada bawahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas
  18. Mengkoordinasi bawahan agar terjalin kerjasama yang baik
  19. Mengarahkan, mengawasi elasaan tas awaan tk meetaui eaalaan an ealaaa.
  20. Menilai prestasi kerja bahawan sebagai bahan pembinaan karier
  21. Menetapkan kebijaksanaan teknis di bidang pembinaan serta kesejahteraan mahasiswa
  22. Memberikan layanan teknis di bidang pembinaan serta kesejahteraan mahasiswa
  23. Menyusun petunjuk teknis pelaksanaan dibidang pembinaan serta pelayanan kesejahteraan mahasiswa sebagai pedoman pelaksanaan tugas
  24. Menelaah peraturan perundang-undangan dibidang kemahasiswaan untuk penjabaran pelaksanaannya
  25. Melakukan pembinaan kelembagaan mahasiswa sesuai dengan ketentuan yang berlaku

WEWENANG

  1. Mengevaluasi kinerja akademik dosen atas masukan dari Ketua Program Studi;
  2. Mendelegasikan dan mengkoordinasikan pembuatan jadwal kuliah kepada program studi;
  3. Merumuskan dan melakukan kebijakan pengembangan FIKes bersama Dekan;
  4. Mengevaluasi pelaksanaan penjaminan mutu akademik FIKes;
  5. Mengevaluasi pelaksanaan proses belajar mengajar;
  6. Mengevaluasi pelaksanaan Praktik Kerja Lapangan (PPL), magang mahasiswa.
  7. Kebenaran dan ketepatan program kerja
  8. Keserasian dan keterpaduan hubungan kerja
  9. Kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas
  10. Kebenaran dan kelengkapan bahan kerja
  11. Kebenaran dan ketepatan hasil kerja
  12. Kerahasiaan data dokumen kerja
  13. kebenaran dan kelengkapan laporan
  14. Merencanakan anggaran kemahasiswaan

WAKIL DEKAN II BIDANG UMUM, KEUANGAN DAN KETENAGAAN

TUGAS :

  1. Bertugas membantu Dekan dalam memimpin   pelaksanaan  kegiatan dibidang Keuangan dan  administrasi umum & kepegawaian dan sarana prasarana.
  2. Bertanggung jawab kepada Dekan
  3. Kebenaran dan ketepatan rencana program kerja.
  4. Keserasian dan keterpaduan hubungan kerja.
  5. Kelancaran dan ketepatan pelaksanaan tugas.
  6. Kebenaran dan kelengkapan bahan kerja.
  7. Kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi.
  8. Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas.
  9. Kedisiplinan bawahan.
  10. Kebenaran dan ketepatan penggunaan uang, sarana dan Prasarana
  11. Menyusun  rencana   dan  program   kerja  dibidang Keuangan dan administrasi umum & kepegawaian dan sarana  prasarana.
  12. Memberikan tugas kepada bawahan sesuai dengan bidangnya.
  13. Memberikan arahan kepada bawahan untuk kelancaran pelaksanaan tugas.
  14. Mengkoordinasikan bawahan agar terjalin kerja sama yang baik
  15. Membina bawahan untuk meningkatkan kemajuan dan disiplin.
  16. Mengawasi pelaksanaan tugas bawahan untuk mengetahui permasalahan dan penanggulangannya.
  17. Menilai  prestasi  kerja bawahan langsung sebagai  bahan pembinaan karir.
  18. Menetapkan kebijaksanaan teknis dibidang keuangan dan administrasi umum.
  19. Menyusun anggaran dan kebutuhan sarana dan prasarana  FIKes untuk  diajukan ke Perkumpulan.
  20. Menelaah peraturan perundang-undangan dibidang keuangan dan administrasi umum & kepegawaian.
  21. Menentukan prioritas penggunaan dana, sarana dan prasarana FIKes untuk kelancaran tugas.
  22. Memberikan layanan teknis dibidang keuangan dan administrasi umum.
  23. Menyusun petunjuk teknis dibidang keuangan dan administrasi  umum.
  24. Melakukan pembinaan pegawai administrasi FIKes melalui lanjutan studi, penataran/ kursus/ latihan untuk meningkatkan kemampuan.
  25. Menyusun laporan pelaksanaan tugas bidang keuangan dan administrasi FIKes berdasarkan hasil yang  dicapai sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan tugas.
  26. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan.
  27. Mengevaluasi BKD
  28. Merencanakan pengembangan SDM

WEWENANG :

  1. Menentukan prioritas pekerjaan.
  2. Meminta kelengkapan data dan informasi kepada unit kerja yang relevan.
  3. Meminta petunjuk atasan.
  4. Menegur bawahan yang lalai melaksanakan tugas.
  5. Merekomendasi, memaraf dan menandatangani surat dan dokumen dinas sesuai dengan ketentuan.
  6. Memberi nilai dan atau menyetujui DP3 bawahan.
  7. Menolak hasil kerja bawahan yang tidak relevan.

 

Ilmu Kesehatan
  • Akademik
  • Humas