Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

SURABAYA-  Mahasiswa Universitas PGRI Adi Buana Surabaya antusias ikuti lomba baca puisi yang diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI) dalam rangka memperingati bulan bahasa. Menariknya, ada tampilan yang berbeda dari tahun sebelumnya, yakni sastra akustik persembahan dari mahasiswa PERMATA (Pertukaran Mahasiswa Tanah Air Nusantara). Kamis (18/9) kemarin.

 

Lomba yang digelar ini mengusung tema "Satukan Rasa dalam Bhinneka Tunggal Ika". Peraturan yang diterapkan di dalam lomba ini adalah peserta wajib membacakan dua puisi karya sastrawan Indonesia, antara lain puisi Tanah Air karya Muhammad Yamin, Gerilya dan Gugur karya WS. Rendra, dan Malu (Aku) jadi Orang Indonesia karya Taufik Ismail.

 

“Acara berlangsung dengan semarak yang diikuti 34 peserta dari berbagai prodi di Unipa,”ungkat Tri Indrayanti, SPd., MPd dosen PBSI. Ia mengatakan, di lomba ini juga melibatkan juri yang berkompeten dibidang puisi yakni Deni Tri Arianti dosen Sekolah Tinggi Kesenian Wilwatikta (STKW), Pana Pramulia M.Pd. Sastrawan Muda, dan Setyo Utomo M.Pd dari alumni.

 

Menurut Tri ekspresi, artikulasi dan intonasi adalah kriteria yang harus dipenuhi peserta agar bisa menang. Saya melihat dibelakang panggung mereka mempersiapkan diri dengan sangat baik sebelum tampil di atas panggung.  “Dalam lomba ini Juara pertama dimenangkan oleh M. Zainuddin dari prodi Seni Rupa, juara kedua Sabila lelita dari prodi PBSI, juara ketiga Issabella dari prodi PPKN,”ungkap Tri. Dia pun berharap semoga prestasi ini bisa menginspirasi yang lain bahkan meningkatkan prestasinya ke jenjang nasional hingga ke Internasional,"tambahnya


  • Akademik
  • Humas