Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

Surabaya- Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya bertekad bangun sport industry dalam waktu dekat yang digawangi langsung oleh Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO). Salah satu upaya untuk mewujudkan ini dihadirkan seorang Associate Professor Hallam Pereira Adjunct dari Edith Cowan University-Australia, di gedung Soelaiman Joesoef, Rabu, (17/10).

 

Pada kesempatan ini, Prof. Hallam menyampaikan secara khusus materi terkait Sport Industry in East Java kepada para pimpinan, dosen PKO, dan mahasiswa Unipa Surabaya. Hal tersebut mendapat sambutan positif dari Rektor Unipa Drs Djoko Adi Waluyo ST MM DBA. Menurutnya, saat ini Unipa telah mengembangkan sport center dan ke depan mata kuliah olahraga juga akan diberlakukan di semua prodi di Unipa mengingat olahraga sebagai salah satu faktor yang memengaruhi prestasi mahasiswa. Ia pun berharap dengan menerapkan sport industry Unipa bisa menjadi kampus percontohan.

 

 

Prof Hallam menegaskan, sport industry bukan pabrik olahraga tetapi bagaimana olahraga bisa dijadikan bisnis untuk meningkatkan keuntungan tersendiri bagi universitas. Dengan menerapkan sport industry juga bisa menarik tenaga kerja sehingga mengurangi pengangguran karena ada banyak macam pekerjaan yang ditawarkan di sini.

 

Ia mengatakan, ini peluang karena perkembangan olahraga di Indonesia sangat baik tetapi masih banyak yang belum tertarik dengan sport industry. "Oleh karena itu, hal utama yang perlu dilakukan adalah menjadikan olahraga sebagai budaya yang tidak bisa ditinggalkan oleh masyarakat karena memiliki nilai seperti mendukung prestasi akademik, meningkatkan kualitas hidup, dan mengurangi biaya kesehatan sehingga perlu adanya sosialisasi dan kampanye yang intens kepada masyarakat,"terangnya.

 

"Dengan adanya partisipasi masyarakat sport industry akan bisa berjalan karena olahraga sudah menjadi sebuah kebutuhan. Keuntungan lain dari sport culture adalah akan lahir dengan sendirinya atlet-atlet dan generasi yang sehat dan berprestasi,"kata Prof Hallam. Ia juga menegaskan bahwasanya untuk mengembangkan  sport industry harus memperhatikan pula potensi yang ada.

 


  • Akademik
  • Humas