Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

Surabaya- Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menggelar Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis IT di Era Revolusi Industri 4.0 sebagai salah satu syarat untuk pelaksanaan dan implementasi hibah Penugasan Dosen Di Sekolah (PDS). Jumat, (7/7).

 

"Jadi, pelatihan ini adalah bekal bagi para dosen sebelum diterjunkan ke sekolah-sekolah," terang Dr.  Agung Pramujiono,  M. Pd. PDS ini adalah serangkaian dari hibah revitalisasi,"tambahnya. 

 

Selain dosen kami juga mengundang guru-guru SD, SMPN, dan SMA diantaranya dari SDN Menanggal 1/424, SMPN 21, 22, 36 Surabaya, dan SMA ITP Surabaya. Untuk itu, pelatihan ini menghadirkan Dr. Ir. Syamsul Arifin, MT. seorang yang berkompeten di bidang pendidikan dari ITS. 

 

Menurut Syamsul hibah PDS ini bertujuan untuk memberikan pengalaman dosen LPTK di sekolah, menghasilkan perangkat pembelajaran, menciptakan pembelajaran yang bermutu, menguatkan hubungan kemitraan LPT dengan sekolah, menguatkan program pendidikan guru di LPTK, dan terwujudnya revitalisasi LPTK.

 

Ia mengatakan, di era revolusi industri 4.0 sarana akan dituntut berbasis teknologi komunikasi, bahkan teknologi ini bisa jadi akan menggantikan sekolah konvensional. Oleh karena itu, orientasi kurikulum dosen dan guru perlu di update.

 

Menurutnya ada empat kata kunci Studen Center Learning (SCL) yang perlu diterapkan, yaitu belajar adalah personal, belajar berbasis kompetensi, belajar itu terjadi kapan saja dan di mana saja, dan peserta didik merasa proses belajar adalah miliknya.

 

Oleh karena itu, ia menyampaikan bahwa yang perlu dilakukan guru maupun dosen adalah menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dengan menerapkan teori-teori pendidikan yang aplikatif. Saya yakin akan menemukan inovasi baru dalam PDS ini.  

 

Sementara itu, Agung mengatakan di PDS ada 46 LPTK yang lolos dan Unipa bakal menerjunkan 14 dosen di 5 sekolah dan akan mengajar selama 8 kali pertemuan di sekolah. "Nantinya, satu dosen akan didampingi satu guru," tambahnya. 

 


  • Akademik
  • Humas