Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Paparkan materi: Dokter Mimiet saat menyampaikan materi kanker serviks kepada ibu-ibu IWA

 

SURABAYA- Ikatan Wanita Adi Buana (IWA) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, dalam rangka peringatan Hari Kartini selenggarakan seminar kesehatan dengan tema "Deteksi Dini Kanker Serviks", pada Selasa, (17/4). Acara yang diselenggarakan di Kampus 1 Unipa Ngagel Dadi IIIB Surabaya tersebut diikuti seluruh anggota IWA Adi Buana. Acara ini bekerjasama dengan Klinik Utama Rawat Inap Usada Buana.

 

dr. Mimiet Ismurdijahmitra K. Rahayu, SE selaku Manager Klinik Usada Buana terjun langsung sebagai narasumber untuk memaparkan materi terkait kanker serviks. Menurutnya, penyakit kanker serviks dapat menyerang semua wanita yang berusia 21-50 tahun namun bagi usia di atas 50 tahun bukan berarti bebas dari penyakit ini.

 

"Oleh karena itu, deteksi  sejak dini sangat diperlukan guna cegah kanker serviks, adapun langkah yang bisa dilakukan adalah dengan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dengan cara mengoleskan cairan asam asetat pada leher rahim atau juga bisa dengan Pap Smear atau Screening ,"terangnya.

 

Dokter Mimiet menegaskan, bahwa deteksi dini kanker serviks ini sebaiknya 3-5 tahun sekali dalam bentuk pemeriksaan. "Bagi wanita yang belum menikah bisa juga melakukan pemeriksaan guna deteksi dini guna meningkatkan imun.

 

Dokter Mimiet menjelaskan, bahwa penyakit kanker serviks disebabkan oleh virus HPV (Human Papiloma Virus) sub tipe 16 dan 18. Kedua jenis virus ini yang menyebabkan 70 persen kasus kanker serviks. Banyak wanita tidak menyadari telah terinfeksi, karena HPV jenis ini tidak menimbulkan gejala.

 

Ia menambahkan, ciri-ciri awal penyakit ini biasanya terjadi rasa sakit pada mulut rahim, menstruasi lebih panjang dari biasanya, mudah terjadi pendarahan setelah berhubungan seksual, keluar cairan yang berwarna merah muda dan berbau busuk, nyeri selama berhubungan seks dan lain sebagainya.

 

"Agar terhindar dari penyakit yang mengerikan ini, wajib kiranya menjaga kesehatan tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat dengan cara konsumsi makanan sehat, berolahraga atau aktifitas fisik secara teratur, tidak merokok, dan tidak melakukan hubungan seksual secara sembarangan,"imbaunya


  • Akademik
  • Humas