Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

 

SURABAYA- Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa-Tingkat Dasar (LKMM-TD) merupakan kegiatan rutin yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru. Di awal tahun 2018 dibuka oleh Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya yang bisa dibilang sangat sukses karena hampir semua mahasiswa baru ikut di kegiatan ini. Acara tersebut dibuka langsung oleh Ketua Prodi Bahasa Inggris Dr. Siyaswati, M.Pd. Sabtu, (6/1)

 

"LKMM-TD kali ini dikemas berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, peserta harus melewati pre-test sama penjabaran alur LKMM terlebih dahulu,"kata Tyas Karina Dewi H sie acara kegiatan. Menurutnya, sangat menarik karena peserta tidak datang dengan tangan kosong alias nol pengetahuan sehingga mereka akan lebih aktif mengikuti kegiatan. Saya lihat tidak ada yang tertekan menerima materi karena acara ini benar-benar dikemas sangat asik dan tidak membosankan.

 

LKMM sendiri merupakan program pelatihan bagi mahasiswa yang tujuannya untuk melatih keterampilan manajemen mahasiswa. Selain itu, untuk mengukur kemampuan mahasiswa terkait kegiatan kemahasiswaan. Setelah melewati berbagai materi yang diberikan di dalam kegiatan LKMM diharapkan mereka lebih kreatif dan inovatif dalam menyalurkan ide yang sesuai dengan era digital seperti sekarang.

 

Menurut Tyas di awal ini, peserta pelatihan akan menerima lima materi wajib, yakni perumusan gagasan awal, administrasi, penjabaran rencana kerja dan kepanitiaan, polbangmawa, dan pengembangan program kerja. Untuk itu, panitia telah mempersiapkan narasumber yang berkompeten dibidangnya, seperti Drs. Achmad Fanani, ST., M.Pd, Dr. Siyaswati, M.Pd, Drs. Atnuri, SH., M.Pd, Dr. Ujang Rohman, M.Kes, dan Drs. Triman Juniarso, M.Pd. Kelima narasumber tersebut adalah dosen Unipa Surabaya.

 

Pelatihan yang di gelar di Fakultas Ilmu Kesehatan tersebut mempunyai tujuan akhir yakni mahasiswa harus bisa menghasilkan proposal program kerja yang nantinya akan dipresentasikan di level SSC (Study Skill Camp) atau semacam malam keakraban atau ospek jurusan yang akan dihelat pada Januari akhir di Pacet Mojokerto.

 

Menurut Tyas LKMM-TD ini adalah langkah awal untuk mendapatkan bibit-bibit yang berkualitas yang akan meneruskan regenerasi dari organisasi ESU (English Student Union) khususnya, karena untuk menjadi anggota ESU harus memenuhi kriteria, diantaranya jujur, tanggung jawab, dan loyalitas.


  • Akademik
  • Humas