Secondary Nav

Menu

Berita Kampus



 

SURABAYA – 17 Desember 2017


ABKIN (Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia) telah berusia 42 tahun. ABKIN sebagai organisasi profesi bimbingan dan konseling didirikan di Kota Malang pada tanggal 17 Desember 1975 dengan nama Ikatan Petugas Bimbingan Indonesia (IPBI), berdasarkan hasil Kongres di Bandar Lampung, organisasi profesi ini diubah namanya menjadi Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia (ABKIN). 


Pada hari Minggu, 17 Desember 2017 pukul 16.00-19.00 WIB Pengurus Daerah ABKIN Provinsi Jawa Timur menyelenggarakan acara ulang tahun ABKIN ke 42 di Amboja Bistro Jl. Diponegoro  56 Surabaya. Acara ulang tahun ini diisi dengan kegiatan berdo’a bersama dan diskusi tentang berbagai isu pendidikan yang terkait dengan profesi bimbingan dan konseling sebagai layanan yang memandirikan peserta didik (konseli) di SMP dan SMA atau sederajat. 


Dr. Hartono, M.Si., ketua Pengurus Daerah ABKIN Provinsi Jawa Timur yang juga Wakil Rektor I Universitas PGRI Adi Buana Surabaya (UNIPA Surabaya) pada acara ulang tahun ABKIN tersebut telah memotong kue ulang tahun, yang selanjutnya diberikan kepada Drs. H. Sutijono, M.M., selaku Pembina ABKIN Jawa Timur yang juga salah satu orang pendiri UNIPA Surabaya yang berlokasi di Jl. Ngagel Dadi III-B/37 Surabaya (kampus I) dan Jl. Dukuh Menanggal XII/4Surabaya (kampus II). Dalam sambutannya  Dr. Hartono, M.Si., menyatakan bahwa ABKIN memiliki posisi yang amat urgen pada  profesi bimbingan dan konseling di Indonesia, secara terus menerus harus melakukan berbagai kajian dan upaya peningkatan profesionalitas guru bimbingan dan konseling (konselor) sebagai anggota ABKIN. Kita sebagai kader ABKIN perlu mengembangkan pendekatan Super Tim (kerja sama untuk membangun potensi) dalam melakukan agenda kegiatan organisasi profesi ini, sebagai upaya mengoptimalkan peran ABKIN dalam mengawal dan meningkatkan mutu layanan bimbingan dan konseling.


Selanjutnya, Drs. H. Sutijono, M.M.,  selaku Pembina ABKIN Jawa Timur, telah mewanti-wanti kepada  anggota ABKIN, untuk memperkuat kerja sama baik di dalam profesi bimbingan dan konseling maupun dengan profesi lain di luar profesi bimbingan dan konseling. Sejak tahun 1975 ketika para tokoh bimbingan dan konseling di antaranya Prof.  Rosyidan dan Prof. Munandir sebagai pendiri IPBI saat ini ABKIN, beliau telah membangun komitmen untuk meningkatkan mutu profesi bimbingan dan konseling. Kita sebagai generasi penerus tentunya memiliki tanggung jawab untuk meneruskan perjuangan Prof. Rosyidan dan Prof. Munandir.


Di samping itu, beberapa kader muda ABKIN Jawa Timur Dr. Tamsil Muis, M.Pd., Dr. Eko Darminto, M.Si., Dr. Retno Tri H., M.Pd., Drs. H. Sulton Hakim, M.Psi., Dra. Hj. Kusbandiami, M.Pd., S.Psi., Drs. H. Siswo Yunarso, M.Si., Drs. Didiek Budihardjo, M.A., dan beberapa pengurus ABKIN Jawa Timur juga antusias sekali dalam memberikan berbagai pandangan/pendapatnya  terkait upaya  membangun profesi bimbingan dan konseling  di tanah air. Selamat ulang tahun ABKIN, semoga ABKIN Jaya sepanjang masa.


  • Akademik
  • Humas