Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Surabaya- Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya semakin meningkatkan kualitas pelayanan di bidang kemahasiswaan. Untuk itu, Unipa menyiapkan program Sistem informasi Kemahasiswaan (SIM-MAWA) yang terintegrasi dengan mitra. Program baru ini telah diresmikan oleh Rektor Unipa Surabaya Drs. Djoko Adi Waludjo, ST., MM., DBA pada Senin, 11 Desember 2017 yang ditandai dengan adanya serah terima dokumen BAST (Berita Acara Serah Terima).

 

Dalam sambutannya, Djoko optimis dengan adanya program baru ini artinya akan semakin mempermudah mahasiswa dalam memperoleh layanan dalam bidang kemahasiswaan. Dia pun yakin akan ada perubahan kebiasaan karena melalui program SIM-MAWA menuntut mahasiswa untuk aktif  di dalamnya karena mahasiswa bisa akses secara langsung, seperti dalam klaim asuransi, unggah berkas mahasiswa, menambahkan data aktivitas dan prestasi, bahkan mereka bisa melihat daftar evaluasi pelanggaran.

 

Menurut Drs. Pungut Asmoro, ST., MT., Wakil Rektor III Unipa dalam SIM-MAWA memiliki tujuh layanan pokok, antara lain layanan kemahasiswaan, organisasi, aktivitas dan prestasi, asuransi dan layanan kesehatan, tata krama, Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI), dan beasiswa. Pungut juga menambahkan masih belum ada layanan terkait alumni maupun tracer study dalam paket SIM-MAWA ini.

 

Menariknya lagi, mahasiswa secara individu memiliki akses untuk memasukkan poin kemahasiswaan hingga cetak transkrip prestasi untuk referensi melamar pekerjaan sementara dengan ketua organisasi memiliki akses untuk memasukkan proposal kegiatan maupun melaporkan SPJ kegiatan dan secara otomatis bisa melanjutkan ke kegiatan selanjutnya. Selain itu, yang memiliki akses di dalam SIM-MAWA ini adalah  Ketua Program Studi, Dekan, Wakil Dekan III, dan Biro Kemahasiswaan. “Di sini yang memiliki akses secara penuh hanyalah bagian Biro Kemahasiswaan,” tambahnya.

 

Selain Launching, dilakukan juga sosialisasi terkait penggunaan Sistem Informasi Kemahasiswaan oleh Tim Sevima.  Mahasiswa, Ketua Organisasi, Kaprodi, Dekan, Wakil Dekan III diajarkan bagaimana akses atau login menuju ke SIM-MAWA tersebut.

 

Tim juga menjelaskan tentang jenis layanan yang ada di SIM-MAWA, yang meliputi layanan GC3 (Guidance Counceling and Carier Center) Adi Buana, layanan kesehatan yang telah bekerjasama dengan klinik Usada Buana, kegiatan kemahasiswaan, dan layanan kerja praktik atau magang. “Akses ini mudah sekali karena bisa langsung melalui smart phone,”terangnya.

 

Sementara itu, Warek III Unipa mengatakan, pihaknya akan segera melakukan pertemuan dengan mahasiswa untuk melakukan pendampingan secara khusus dalam mengoperasikan program SIM-MAWA ini. “Di akhir tahun 2017 program ini sudah harus digunakan oleh mahasiswa,”terangnya.

 

 

 

 


  • Akademik
  • Humas