Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

KERJAKAN SOAL: peserta lomba saat mengerjakan soal di gedung Sardjijo Unipa Surabaya

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Statistik Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya, menggelar The Seventh Statistics Families Competition di Kampus II Unipa Dukuh Menanggal, Minggu (12/11).

Dalam kompetisi yang bertajuk Statistics for a Better Future ini diikuti siswa antar SMA/SMK/MA sederajat se- Jawa Timur.

Dibuka oleh Dekan FMIPA Dra Wara Pramesti SSi MSi. Dalam acara tersebut Wara nampak didampingi oleh Ketua Program Studi Statistika Gangga Anuraga SSi MSi.

Menurut Wara lomba ini sangat positif karena akan memberikan pengalaman berkompetisi yang sehat pada siswa serta mendorong siswa untuk menggali lebih dalam ilmu statistik.

Diikuti sebanyak 220 tim, tiap tim ada 2 peserta. Dalam babak semi final diikuti sebanyak 104 tim, babak final 5 tim. Di sela lomba diadakan talkshow yang diisi oleh Edi Sulistyawan SSi MSi dosen Statistik Unipa dan Ice breaking oleh panitia.

Peserta lomba ini berasal dari berbagai daerah di Jatim, antara lain dari Jember, Bojonegoro, Tuban, Pasuruan, Malang, Lamongam, Mojokerto, Sidoarjo, Madura dan Surabaya.

Setiap peserta memiliki waktu mengerjakan 45 menit untuk semi final dan 35 menit untuk final. Dalam lomba ini sendiri sistem yang digunakan adalah on line. Nantinya, bakal diambil 5 pemenang untuk juara 1, 2, 3, harapan 1, dan harapan 2. Peserta yang menang akan mendapat uang pembinaan, tropi, dan sertifikat," Febrino Ramadhan Ketua Pelaksana kompetisi.

Kami ingin mengubah paradigma di masyarakat bahwa ilmu statistik ini  sulit, riweh, dan angel padahal sebenarnya ilmu ini asik karena ilmu pasti yang bisa dipecahkan dengan logika," tambahnya. Selain itu, kami ingin mengenalkan statistik di Unipa Surabaya.

"Ini merupakan kegiatan tahunan yang digelar Hima Statistik yang dilaksanakan sejak tahun 2010,"kata Hardani Prisma Risky Ketua Hima Statistika. Diharapkan melalui acara ini, nantinya bisa melahirkan bibit-bibit yang unggul di bidang statistik.

Dari tahun ke tahun selalu meningkat pesertanya. Artinya semakin besar minat ke statistik ini menggambarkan keterbukaan informasi. Di era eksponensial statistik sekarang banyak dicari, kata Gangga. 


  • Humas