Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Beri ucapan selamat: Dr. Suhari, SH., M.Si Dekan FKIP Unipa memberikan ucapan selamat kepada yudisiawan.

Surabaya- Yudisiawan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya siap mengimplementasikan pembelajaran berliterasi dan berkarakter semangat PAGI akronim dari (Peduli, Amanah, Gigih, dan Inovatif) untuk menjawab tantangan di era globalisasi. Hal itu, disampaikan oleh Dr. Diana Evawati, M.Kes Wakil Dekan II FKIP Unipa dalam orasi ilmiah pada Yudisium Sarjana Semester Genap 2016/2017. Sabtu, (23/9).

Diana menegaskan bahwasanya Indonesia membutuhkan tangan dingin para intelektual muda yang kompeten dan mampu bersaing di tingkat dunia. Salah satu icon intelektual tersebut adalah mahasiswa. Oleh karenanya para sarjana FKIP diharapkan mampu menyampaikan gagasan-gagasannya melalui proses kritik yang sehat.

Dia juga mengatakan melalui budaya literasi bukan mustahil untuk memajukan bangsa ini menjadi lebih baik. Dikarenakan saat ini kita masih tertinggal jauh dalam hal penerbitan buku, publikasi, artikel, serta jurnal internasional. “Dengan demikian, untuk membuat pembaharuan tersebut kita harus aktif menjadi opinion leader melalui publikasi tulisan serta memiliki kemampuan berbahasa asing,”terangnya.

Menurut Diana, implementasi pembelajaran literasi dapat mewujudkan kemandirian dan kesiapan berwirausaha. Dengan menjadi wirausahawan tentunya akan dapat memainkan peranan penting dalam menghadirkan IPTEKS dalam kehidupan masyarakat dan menjadikannya sebagai pilar pembangunan bangsa.

Sementara itu, Dr. Suhari, SH., M.Si Dekan FKIP Unipa berpesan agar mahasiswa melek terhadap informasi apa pun dan tetap mengembangkan soft skill maupun hard skill agar tidak tergerus oleh arus globalisasi. Ia juga mengatakan bahwa apa yang diterima selama perkuliahan dapat menjadi modal untuk terjun di masyarakat menjadi seorang profesional. Suhari juga menghimbau kepada seluruh lulusan agar selalu memperbaiki diri dengan belajar untuk terus meningkatkan kualitas diri.

Yudisium semester genap yang digelar di Gelora Hasta Brata Adi Buana tersebut diikuti sebanyak 963 yudisiawan. Dari 963 yudisiawan tersebut, 164 dari Matematika, 73 Bimbingan dan Konseling (BK), 75 Seni Rupa, 118 Bahasa dan Sastra Indonesia, 137 Bahasa Inggris, 30 PPKn, 136 Pendidikan Kepelatihan Olahraga (PKO), 142 Pedidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), 44 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), dan 56 dari Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Tata Boga, Tata Busana, dan Tata Rias.

FKIP Unipa Surabaya saat ini telah memiliki 11 Program Studi termasuk prodi baru Pendidikan Khusus yang semuanya telah terakreditasi, yang mana 2 diantaranya telah terakreditasi “A” yaitu prodi Bimbingan dan Konseling dan Pendidikan Kepelatihan Olahraga.

Dalam yudisium semester genap ini, juga dianugerahkan penghargaan kepada 10 mahasiswa dengan IPK (Indeks Prestasi Komulatif) tertinggi di prodinya masing-masing. Penghargaan ini langsung diberikan oleh Dekan FKIP Unipa Surabaya. Mereka yang beruntung tersebut adalah Budi Santosa (PKO) dengan IPK 3.65, Fatakhul Yaumi (PKK) IPK 3.71, Mirnani Salsabila (PGSD) IPK 3.78, Wieke Agustina (BK) IPK 3.72, Eka Yulia Indrawati (Matematika) IPK 3.78, Chopsoh (PPKn) IPK 3.61, Sella Safitri (Bahasa inggris) IPK 3.71, Titas Priskila K.E. (seni Rupa) IPK 3.52, Maria Ulfah (PAUD) IPK 3.64, dan Eka Febriyanti D (PBSI) IPK 3.72. (*)


  • Humas