Secondary Nav

Menu

Berita Kampus


FOTO BERSAMA: pengurus BUP Unipa Surabaya usai pelantikan.

Surabaya- Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya bakal menjadi kampus yang mandiri di masa mendatang, kampus yang terkenal dengan slogan semangat PAGI ini telah membentuk Badan Usaha Perkumpulan (BUP) yang nantinya akan dimaksimalkan untuk memenuhi segala kebutuhan perkumpulan dan universitas.

Sekretaris Perkumpulan Pembina Lembaga Pendidikan Perguruan Tinggi PGRI (PPLP PT PGRI) Surabaya Drs. Sutijono, MM mengatakan, ada enam divisi yang diresmikan, yaitu divisi gedung dan peralatan olahraga, asrama, klinik, percetakan dan penerbitan, kantin dan katering, dan kampus Kalikatir.  "Jadi, totalnya ada 8 badan usaha di Unipa ditambah dengan koperasi dan sekolah yang merupakan usaha lain di luar BUP.,"ujarnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Jumat (25/8).

Sutijono juga sudah memiliki rencana terkait BUP di Unipa Surabaya. "Nantinya, hasil dari BUP akan digunakan untuk perkembangan kampus,"lanjut Sutijono.

Dia juga menjelaskan, bahwa universitas dapat berkembang tidak hanya menunggu kontribusi dari mahasiswa, dengan adanya usaha perkumpulan setidaknya 20 persen pendapatan diperoleh dari Non-SPP. Keputusan pendirian usaha perkumpulan ini berdasarkan kesepakatan bersama.

Di Unipa sendiri, sebenarnya sudah ada sejak tahun 2014, yang masih sebatas satu divisi saja  yakni gedung olahraga, kini sudah bertambah menjadi enam divisi. Hal ini menunjukkan sebuah perkembangan yang positif dari kampus semangat pagi,"ungkap Rektor Unipa periode 2006-2015 tersebut.


FOTO BERSAMA: pengurus BUP Unipa Surabaya usai pelantikan.

 

"Ini hal baik untuk para generasi penerus, nantinya akan bergerak layaknya lokomotif yang menggandeng gerbong-gerbong secara sistematis dan berkembang secara berkesinambungan. Untuk itu, progres ini harus didukung dengan Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni, karena ke depan kampus ini akan dikelola oleh tenaga-tenaga dari dalam sendiri,"terangnya.

Dia menambahkan, untuk menjadi besar harus mendalami karakter PAGI yang di dalamnya terdapat akronim Peduli, Amanah, Gigih, dan Inovatif. Saat ini Unipa sudah mencapi 100 besar peringkat 78 terbaik nasional, yang mana pencapaian ini harus terus ditingkatkan.

Selain pembentukan BUP juga dilakukan pelantikan pengurus oleh Ketua PPLP PT PGRI Surabaya Prof. Dr. Iskandar Wiryokusumo, M,Sc. Dalam kesempatan tersebut, Prof  Iskandar berpesan kepada 13 pengurus yang resmi dilantik agar dapat melaksanakan tugasnya dengan penuh tanggung jawab dan amanah.


  • Akademik
  • Humas