Secondary Nav

Menu

Kesehatan

MANUSIA diciptakan berbeda begitu juga dengan bentuk tubuh dan tingkat penambahan berat badannya. seseorang yang memiliki tinggi badan 160 cm akan terlihat gemuk jika memiliki berat badan 70 Kg. Untuk mendapatkan berat badan yang ideal berbagai macam cara dilakukan oleh mereka yang merasa berat badannya berlebih. 

"Berat badan ideal ku berapa ya ?" pertanyaan inilah yang selalu muncul pada setiap orang, khususnya wanita dan seperti kita ketahui setiap pertanyaan pasti ada jawabannya. Banyak juga pemikiran-pemikiran yang muncul mengenai berat badan ideal, walaupun itu tidak selalu benar seperti yang di cantumkan Reader's Digest. 

"Berat badan ideal di dapat sebelum punya anak(sebelum melahirkan), atau ketika lulus kuliah". Wajar jika anda membayangkan memiliki bentuk tubuh seperti beberapa tahun yang lalu atau lebih, tetapi proses penurunan berat badan akan lebih lambat dikarenakan seiring bertambahnya usia akan menurun pula proses metabolisme. 

"Berat badan Ideal dapat dilihat pada grafik standar ketinggian dan berat badan". Berat badan ideal dipengaruhi oleh banyak hal seperti tipe tubuh anda, jumlah sel - sel lemak yang anda miliki, berototkah anda saat ini dan banyak yang lain. Angka yang ditunjukan oleh (BMI/Body Mass Index) hanyalah perkiraan dan belum tentu terbaik untuk kesehatan anda. Penelitian pun menunjukan orang dengan nilai BMI rendah ternyata memiliki kelebihan berat badan karena mengabaikan perhitungan lainnya. 

"Berat badan ideal adalah berat terendah yang pernah saya miliki ketika berdiet". Fakta bahwa anda berdiet adalah dikarenakan anda merasa kelebihan berat badan. Jika anda ingin melakukan penurunan berat badan secara drastis maka anda terjebak dalam lingkaran setan yang tidak sehat dimana anda akan mengalami berat badan yang selalu naik turun (diet yo-yo). Berat badan yang cepat naik dan cepat diturunkan dengan diet akan mengurangi jumlah masa otot yang anda miliki kemudian akan berakibat lambatnya metabolisme dan turunnya kemampuan tubuh kita mengatur gula darah

"Semakin kecil berat badan saya, semakin sehat pula badan saya". Pernyataan ini sangat tidak benar. Banyak analisa dan penelitian menunjukan bahwa jika anda mengalami kelebihan berat badan dan anda berhasil menghilangkan atau menurunkan hanya 5%-10% dari berat badan anda maka anda dapat menuai sebagian besar manfaat kesehatan(menurunnya resiko penyakit jantung, stroke, diabetes dan beberapa resiko kanker lainnya.(scs|doctor)


  • Akademik
  • Humas