Secondary Nav

Menu

Gaya Hidup

MENGHILANGKAN aroma amis pada seafood ternyata bisa dilakukan tanpa harus memakai bahan rempah-rempah sebagai identiknya namun dengan memakai air mendidih pun juga bisa digunakan.
 
Menurut Chef Heriyanto, Executive Chef Millenium hotel mengatakan bila dengan adanya suhu panas yang muncul dari air yang sudah mendidih maka akan bisa merontokkan bau amis pada semua jenis seafood, termasuk ikan, udang, cumi, kerang serta kepiting.
 
"Dalam memasukkan seafood ke dalam air mendidih maka tidak harus dengan cara direbus namun cukup ditaruh dalam saringan lalu di blanch saja," ucapnya kepada Okezone saat ditemui di Kawasan Tanah Abang, Jakarta baru-baru ini.
 
Pemakaian air panasnya pun wajib diperhatikan, terlebih suhu panasnya harus berada di atas 100 derajat celcius, bila tidak maka daya serap dari air panas pun tidak akan tajam.
 
"Air akan membuang lendir yang dimiliki seafood, untuk blanch-nya harus dalam keadaan air benar-benar mendidih, cukup sebentar saja nge-blanch seafoodnya," paparnya lagi.
 
Diakuinya, kalau saat nge-blanch dilakukan dalam waktu lama maka akan membuat seafood jadi matang, terlebih soal rasanya pun jadi menghilang.
 
"Nge-blanch itu sebatas untuk menghilangkan aroma amis. Dengan proses air yang panas maka akan membuat titik juicy dari seafood tidak akan keluar sehingga dengan adanya uap panas itulah akan membawa aroma amis keluar," tutupnya. (uky) (ftr)

original likn : klik disini


  • Akademik
  • Humas