Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

BERMAIN PERAN: Penampilan seni peran yang ditampilkan mahasiswa PGSD Unipa Surabaya

 

SURABAYA - Guna memaksimalkan permainan seni peran, mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menggelar acara pentas drama di ruang  teater seni rupa yang berada di Kampus II Dukuh Menanggal Surabaya, Minggu, (21/5). Kemarin.

Pentas drama yang diikuti oleh mahasiswa PGSD angkatan 2014 ini mendapat sambutan meriah dari semua penonton (mahasiswa dan dosen) yang hadir dalam acara tersebut.

“Saya bangga dengan penampilan peran mahasiswa PGSD. Hal ini karena peran yang ditampilkan mahasiswa dalam pentas drama sangat menjiwai dan berkesan,” kata Dosen PGSD Unipa Surabaya Pana Pramulia, S.Pd.,M.P.d.

Menurut Pana, penampilan mahasiswa dalam pentas drama ini tidak sekadar menggugurkan tugas Mata Kuliah Drama, melainkan penampilan pentas drama juga memberikan ruang bagi mahasiswa untuk menampilkan seluruh bakat dalam permainan peran. Ada beberapa peran dan watak yang dibawakan mahasiswa ketika pementasan seperti lucu, serius, dan berwibawa. “Ada pula mahasiswa yang lupa akan peran yang dibawakan. Tetapi secara keseluruhan tampilan mahasiswa PGSD cukup menarik dan menghibur” ucapnya.

Kedepan pria berkacamata ini menuturkan, dengan diadakannya pentas drama dapat menjadi momentum bagi mahasiswa dan calon guru SD untuk menjadi guru yang multi talenta. Saat ini guru SD tidak hanya dituntut untuk pandai mengajar mata pelajaran, melainkan juga harus mampu membina ekstra kulikuler drama, pantomim, dan ludruk, sehingga pentas drama mahasiswa PGSD ini mutlak diperlukan,”ucapnya.

Menanggapi pernyataan di atas, salah satu pemeran pentas drama mahasiswa PGSD Unipa Surabaya, yusuf mengaku, sebagai pemain peran yang berperan dalam pentas drama, dirinya merasa gugup pada saat melakukan pementasan. Dengan persiapan latihan selama 1 bulan dirinya mampu memerankan peran yang dibawakannya dengan tanpa beban.

“Memang awalnya gugup, tapi lama kelamaan saya menikmati peran sebagai anak kecil yang manja,” tuturnya dengan mimic wajah penuh ceria.

Hal senada juga dikatakan Heru, salah satu pemeran dalam pentas drama mahasiswa PGSD Unipa Surabaya. Menurut Heru dengan dengan intensitas latihan yang cukup dirinya berusaha untuk menampilkan peran sebaik - baiknya. “ Kalau peran saya dalam pementasan hanya sebagai anak jalanan. Jadi, tidak seberapa sulit jika dibandingkan dengan peran teman –teman lainnya dalam kelompok.” Katanya dengan nada rendah. (danang)


  • Akademik
  • Humas