Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Pendonor saat melakukan pengambilan darah.

Surabaya- Dalam rangka Dies Natalis ke-46 tahun, Korps Sukarela (KSR) PMI Unit Universitas PGRI Adi Buana Surabaya ajak masyarakat donor darah. Acara ini dipusatkan di Klinik Utama Usada Buana yang berada di kawasan Kampus II Unipa Dukuh Menanggal Surabaya, Selasa, (9/5). Acara ini dibuka oleh Dra. Diah Karunia Binawati, M.Si selaku Kepala BKA (Biro Kemahasiswaan dan Alumni) dan Pembina KSR PMI Unit Unipa Surabaya.

Acara ini bekerjasama dengan UTD (Unit Transfusi Darah) PMI Kota Surabaya. Acara ini merupakan agenda tahunan KSR PMI Unit Unipa,”terang Astri Winda Ketua pelaksana.

Winda menambahkan, tujuan diselenggarakannya donor darah ini untuk mengajarkan kepedulian terhadap sesama, sebagai wadah sosialisasi ke masyarakat pentingnya donor darah dan menjaga kesehatan tubuh, hal itu sesuai dengan tema kegiatan ini “care each others by blood donation”.

Alhamdulillah, tahun ini kami mendapatkan 36 kantong darah meningkat dibandingkan tahun kemarin yang hanya mendapat 30 kantong,”kata Winda. Sebenarnya peminat donor meningkat pesat ada 100 orang tetapi banyak yang tidak lolos karena HB rendah (kurang tidur/ kurang makan), berat badan di bawah 45 kilogram, tensi darah rendah, menstruasi, mengandung, menyusui,serta penyakit bawaan,”tandasnya.

Winda menghimbau calon pendonor seharusnya tahu syarat menjadi pendonor dan waktu yang tepat untuk donor, apabila rutin 3 bulan sekali dilakukan maka dapat mengurangi resiko terkena penyakit kanker, menjaga kesehatan jantung dan mencegah penuaan dini.

Turut berpartisipasi dalam kegiatan ini, mahasiswa dari UKM (Unit Kegiatan mahasiswa) Antara lain dari Pramuka, Resimen Mahasiswa, Pawitra, Perisai Diri, Paduan Suara, Delphy, dan masyarakat umum. (*)


  • Akademik
  • Humas