Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

FOTO BERSAMA: dari kiri ke kanan Drs. Sugito, ST., MT. Dekan Fakultas Teknik Unipa Surabaya, Yuki Honda, M.Eng dari Kitakyushu Jepang, Dr. Eng. Indriani Rachman, M.Eng dari Kitakyushu Jepang, dan Irfan Rifai, S.Pd., M.Pd., Ph.D dari LHIHP Unipa Surabaya.

 

Surabaya- Fakultas Teknik Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menggelar kuliah tamu sekaligus seminar kewirausahaan, di Aula Fakultas Teknik yang berada di Kampus II Adi Buana Dukuh Menanggal. Kamis, (23/3). Acara tersebut menghadirkan narasumber dalam dan luar negeri. Mereka antara lain Dr. Eng. Indriani Rachman, M.Eng dan Yuki Honda, M.Eng dari Universitas Kitakyushu Jepang. Sedangkan dari dalam negeri Sandro Prasetyo, A.Md seorang praktisi lulusan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) dan Drs. Sugito, ST., MT. Dekan Fakultas Teknik Unipa Surabaya.

            “Acara ini bekerjasama dengan LHIHP (Lembaga Hubungan Internasional Humas dan Protokoler) Unipa Surabaya yang dikepalai oleh Drs. Widodo, ST.,M.Kom,”ungkap Dra. Indah Nurhayati, ST., MT  Ketua Panitia Acara. Kitakyushu dipilih karena bidangnya di teknik lingkungan sangat baik. Salah satu produk terbaiknya yakni kerangjang Takakura untuk pengomposan  yang diciptakan Profesor Takakura dari Kitakyushu. Untuk itu, Fakultas Teknik Unipa Surabaya ingin menjalin kerjasama dengan Universitas Kitakyushu Jepang,”tambahnya.  

            Melalui kegiatan ini diharapkan dapat menambah ilmu pengetahuan dan juga wawasan sehingga bisa termotivasi untuk  belajar dan berkarya lebih baik lagi,”ucap Indah  yang saat ini juga menjabat Wakil Dekan I dan III  Fakultas Teknik.

            Indah juga menambahkan, bahwa ini adalah suguhan yang istimewa, khususnya bagi mahasiswa Fakultas Teknik. Mereka bisa melakukan sharing langsung dengan narasumber dari Jepang terkait complek pengolahan sampah di kota Kyushu dalam menciptakan lingkungan yang nyaman dan langit yang biru dan juga belajar tentang menciptakan peluang bisnis yang inovatif  mulai dari zero atau nol .

            Acara ini diikuti sekitar 500 peserta dari dosen dan mahasiswa Fakultas Teknik. Selain itu turut hadir pula dalam acara ini Rektor Unipa Surabaya Drs. Djoko Adi Waludjo, ST., MM., DBA , Drs. Pungut Asmoro, ST.,MT Wakil Rektor I Unipa Surabaya, dan Jajaran Dosen Fakultas Teknik. Pembukaan acara dilakukan oleh Rektor Unipa Surabaya Djoko AW. Menurutnya, tidak hanya berhenti di kuliah tamu saja tetapi nanti akan dilakukan MoU (Memorandum of Understanding) dengan Universitas Kitakyushu Jepang dalam hal joint research.

            Upaya ini dilakukan semata untuk meningkatkan kualitas dan juga menghasilkan lulusan yang mempunyai skill dalam hal mengelola maupun mengolah lingkungan sehingga bisa mewujudkan lingkungan yang indah, sehat, dan produktif,”tambahnya. (*)


  • Akademik
  • Humas