Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

SURABAYA- 450 siswa mengikuti Kompetisi Matematika (KOMET) yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Matematika (HIMATIKA) Universitas PGRI Adi Buana Surabaya. Acara ini diikuti mulai tingkat SD, SMP, SMA se-Jawa Timur. Acara ini dibuka oleh Rektor Unipa Surabaya Drs Djoko Adi Waludjo  ST MM DBA. Dalam sambutannya Djoko berpesan untuk meningkatkan kejujuran dalam lomba ini. Acara ini berlangsung di kampus II Menanggal. Minggu (22/1)

            Lomba tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena telah mendapat izin dari Dinas Pendidikan Povinsi Jawa Timur. Selain itu, acara ini bertujuan untuk mencetak generasi yang berkompeten dalam bidang matematika,” kata Abdul Khoir ketua pelaksana acara.

Abdul menambahkan, nantinya dari kompetisi matematika ini akan memberikan dampak positif di sekolah-sekolah untuk lebih mencintai pelajaran matematika secara lebih baik karena kita ketahui pelajaran ini kurang diminati. Selain itu, ini sebagai ajang belajar bagi kami mahasiswa untuk mengaplikasikan ilmu yang sudah kita peroleh ke dalam soal-soal materi.

Lomba ini dilaksanakan di dua rayon, yaitu Surabaya dan Jombang. Dalam pelaksanaannya terdapat dua tahap. Tahap pertama tingkat SD dan SMP dan tahap kedua tingkat SMA. Untuk soal di masing-masing tingkat berbeda.

“Konsep acara ini, untuk pengambilan peserta dari babak penyisihan ke final diambil 5% tiap rayon dan 10% dari sistem globalnya. Ada 50 soal untuk penyisihan, 25 soal semi final, dan untuk final akan diadakan cerdas cermat.  Pelaksanaan penyisihan pada tanggal 22 dan Final tanggal 29 Januari 2017. Nantinya, akan diambil 5 pemenang terakhir untuk harapan 1, 2 dan juara 1, 2, dan3, “ungkap Abdul.  

Menurut Abdul, tahun depan akan dibuat piala bergilir rektor. Hal itu, untuk meningkatkan jiwa kompetisi para siswa dan sekolah-sekolah untuk unjuk kemampuan.

Stuart Saputro dan Candrawan Santoso Siswa SMAK St-Louis I mengatakan, untuk mengikuti KOMET kami mempersiapkan diri dengan banyak berlatih soal, kami juga berharap untuk menang.

Sementara itu, rektor Unipa Surabaya Djoko mengungkapkan pihaknya sangat mendukung kompetisi ini, karena dinilai sangat positif. Untuk itu Unipa memberikan fasilitas menyediakan fasilitas untuk lomba tersebut.


  • Akademik
  • Humas