Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

KOMPAK: Ikatan Wanita Adi Buana (IWA) usai peringatan Hari Kartini
 

       Surabaya-Peringatan Hari Kartini rupanya tidak hanya terjadi disekolah-sekolah. Para perempuan di Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya yang tergabung dalam Ikatan Wanita Adi Buana (IWA) juga turut memperingati dengan cara menggelar seminar dan lomba. Kali ini mengangkat tema “ Dengan Semangat Kartini Kita Tingkatkan Kualitas Menuju Keluarga Sehat dan Bahagia”. Acara berlangsung di Gedung Soelaiman Joesoef yang terletak di Kampus II Dukuh Menanggal. Jumat, (22/4) Dalam acara ini menghadirkan pula narasumber perempuan Prof Dr Ir Suhariningsih dari Universitas Airlangga Surabaya seorang ahli di Bidang Biofisika.
       Dalam seminar yang digelar fokus membicarakan tentang “keluarga sehat dan bahagia” dilihat dari kacamata Fisika yang berdasarkan pada Hukum Newton. Di mana sehat itu bisa dilihat secara fisik dan bahagia itu abstrak berdasar pada perasaan, pikiran, tindakan, kebiasaan, karakter, dan nasib.
       Menurut Prof Suhariningsih perempuan saat ini harus upgrade dengan hal baru. Perempuan lemah itu sudah bukan zamannya lagi. Karena perempuan bisa melakukan apapun di berbagai bidang dan berkiprah setara dengan laki-laki. Seperti semboyang Kartini “Habis Gelap Terbitlah Terang” perempuan diharapkan bisa move on dari hal-hal yang mengucilkannya dan ini bisa dilakukan tanpa harus melupakan kodratnya sebagai perempuan seutuhnya. Hal itu juga diungkapkan oleh Dra Yayuk Sulistyowati Ketua Ikatan Wanita Adi Buana bahwasannya perempuan masa kini justru harus bisa melakukan segala hal, mulai dari pendidikan hingga pekerjaan. Saya berharap perempuan terus dapat belajar dan menambah wawasannya. Karena perempuan adalah guru utama bagi seorang anak. Tentunya, tidak hanya berperan di keluarga, tetapi bangsa dan negara.
       Sementara itu, Drs H Djoko Adi Walujo ST MM DBA Rektor Unipa Surabaya sangat mendukung Unipa mempunyai IWA. Beliau juga berpesan bahwasannya, Hari Kartini bisa dirutinkan setiap tahunnya, ini sebagai kunci silaturahmi bukan hanya formalitas, aktifitas mingguan juga harus digalakkan. Tidak hanya istri rektor tetapi semua bisa menjadi ketuanya.
       Dalam agenda peringatan Hari Kartini ada tiga kegiatan yang dilakukan yaitu, seminar, lomba foto keluarga, dan pemilihan busana terbaik. Lomba foto diikuti 48 peserta. Dalam acara ini juga melibatkan mahasiswa Adi Buana Surabaya. Di Unipa Surabaya, Ikatan Wanita Adi Buana ini sudah ada sejak lama tetapi fakum beberapa waktu. Kali ini akan kembali diaktifkan oleh sebab itu dalam acara ini sekaligus mengumpulkan anggota dan bisa membuat program-program lanjutan. Semoga ke depan bisa rutin diadakan pertemuan dan kegiatan supaya bisa lebih mempererat tali silaturahmi keluarga besar Adi Buana Surabaya. “Kata Yayuk Sulistyowati Ketua Ikatan Wanita Adi Buana.


  • Akademik
  • Humas