Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

KOMPAK: Pengurus Daerah ABKIN (Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia) Provinsi Jawa Timur Periode   2015-2019

                  

SURABAYA- Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya menjadi tuan rumah penyelenggaraan Konferensi Daerah dan Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling. Forum tersebut dalam rangka pemilihan pengurus baru dan membuat program baru periode 2015-2019. Konferensi ini merupakan gabungan akademisi Perguruan Tinggi dan Guru Bimbingan dan Konseling se-Jatim. Hal tersebut diungkapkan oleh H. Sutijono Rektor Unipa Surabaya sekaligus ketua ABKIN (Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia) provinsi Jawa Timur periode 2010-2014. Acara ini diselenggarakan di Kampus II Menanggal dengan jumlah peserta sekitar 400 peserta, mereka berasal dari kalangan mahasiswa, guru dan dosen BK di wilayah Jawa Timur. (8/15)

Dalam kesempatan yang istimewa ini Unipa Surabaya patut berbangga karena tongkat estafet kepengurusan untuk periode lanjutan telah di duduki oleh Dr. Hartono Dosen Bimbingan dan Konseling Unipa Surabaya, beliau akan menjabat sebagai ketua ABKIN (Asosiasi Bimbingan dan Konseling Indonesia) Provinsi Jawa Timur periode 2015-2019.

Menurut  Hartono ketua ABKIN Provinsi Jawa Timur, selama periode ini kami akan menjalankan program-program yang telah kami sepakati bersama. Program tersebut diantaranya; (1) peningkatan pelaksanaan program dari bidang organisasi seperti peningkatan konsulidasi dengan maksud agar ada ABKIN dan aktifitas di cabang-cabang nantinya, serta keberadaannya diakui birokrasi, (2) Pengembangan profesionalitas guru Bimbingan dan Konseling, dalam hal ini ada PKB (Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan), jadi di sini ABKIN sebagai wadah atau organisasi yang bisa diikuti guru untuk meningkatkan profesionalitas melalui berbagai kegiatan yang dilakukan seperti diklat, studi lanjut dsb., (3) Pengabdian masyarakat, ABKIN sebagai wadah menyelenggarakan kegiatan yang diikuti pengurus ABKIN dan sasarannya adalah sekolah-sekolah, guru BK dll. Dalam hal ini tujuan utamanya adalah memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sejauh ini, jumlah peserta ada 500 yang sudah divalidasi dan sekitar 150 peserta yang belum valid berdasarkan update web. Sehingga, perlu adanya  gerakan untuk meningkatkan kesadaran diri agar mereka bisa segera mengurus pendaftaran dan memiliki KTA (Kartu Tanda Anggota) ABKIN. Untuk pendaftarannya juga diberikan kemudahan yaitu melalui online, jadi bisa lebih mudah untuk mengaksesnya. “Tambah Hartono.

Kegiatan ini dapat terlaksana berkat adanya kerja sama antara ABKIN dan Unipa Surabaya. Tidak hanya konferensi tetapi seminar nasional yang bertajuk “Revolusi Mental dalam Bimbingan dan Konseling” dapat terselenggara. Antusiasme peserta dalam acara ini dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta dalam sesi tanya jawab. Segala persoalan di lapangan mendominasi pertanyaan yang diajukan kepada para narasumber, baik tentang konselor sebaya yang diajukan oleh Siswo Winarso guru SMAN 7 Surabaya maupun konselor yang tidak sesuai dengan bidangnya oleh Ibu Tatik guru dari Jombang. “Terang Hartono.


  • Akademik
  • Humas