Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

BANGGA: Piala juara umum Jawa Timur dalam Peksiminas XII Palangka Raya Kalimantan Tengah tahun 2014

Pekan seni nasional yang dilaksanakan di Palangka Raya Kalimantan Tengah kemarin Unipa Surabaya ikut andil menyumbangkan kemenangan juara umum untuk Jawa Timur. Dalam pekan seni kali ini didikuti oleh seluruh perguruan tinggi negeri dan swasta diseluruh wilayah Indonesia. Tidak sia-sia perjuangan yang dilakukan selama 7 hari mulai tanggal 14 s.d 18 September 2014 tersebut mulai dari lomba hingga seminar seni yang diperuntukkan untuk para peserta lomba.  Pekan seni kali kedua belas ini lombanya lebih bervariasi mulai dari seni gerak seperti, tar, potografi, lukis,  hingga seni tarik suara seperti group vocal, puisi, dangdut, dan pop.

Perwakilan dari Jatim selain Unipa Surabaya ada Unesa, ITS, UM, dan Brawijaya. Unipa sendiri,  mengirimkan 2 perwakilan untuk mengikuti lomba dangdut putra dan baca puisi putri. Alhamdulillah, Moh Hariyanto mahasiswa seni rupa dalam lomba dangdut putra berhasil mendapat juara 1 dari 21 peserta dan Laili Fitriah mahasiswa Bahasa Indonesia berhasil mendapat juara harapan 2 dalam lomba baca puisi. Diakhir lomba Jatim berhasil membawa pulang juara umum dengan menyabet 7 emas dari lomba dangdut putra (Unipa), poster dan tari (Unesa), fotografi (ITS), keroncong dan Pop (Brawijaya), dan Penulisan puisi (Unair).

Menurut Hariyanto dalam pekan seni kali ini lebih kompetitif. Seluruh peserta memiliki kemampuan dan masing-masing peserta memiliki karakter yang kuat. Selebihnya sebagian dari mereka para finalis dari pekan seni sebelumnya jadi sudah hafal dengan karakter yang mereka miliki. Saya membawakan lagu dangdut ada 2 pilihan lagu yang disuguhkan yaitu lagu wajib “Gadis Pantura” original dan lagu pilihan “Menari di atas luka”. Tidak ada kesulitan yang berarti karena persiapan memang benar-benar sudah matang. Untuk puisi yang dibawakan Laili juga mendapat apresiasi dari juri dan penonton puisi wajib judul yang dipilih “kembali tak ada sahutan disana” karya Abd. Hadi WM, Puisi pilihannya “sajak seorang prajurit” karya Suminto A Sayuti. “Terang Hariyanto.

Disini peran BPSMI (Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia) Jatim sangat luar biasa mulai dari koordinasi hingga membina kekompakan peserta Jatim. (oma)


  • Akademik
  • Humas