Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

KERJASAMA: peserta LMG (Lomba Medan Galang) sedang mengikuti lomba pioneering membuat menara panjang kaki tiga.

 

SURABAYA- Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya akan segera mematenkan LMG (Lomba Medan Galang). Agenda tahunan yang diadakan Pramuka Racana Dharma Pandu Unipa Surabaya tersebut dinilai dapat memberikan dampak positif bagi perkembangan kualitas sumber daya manusia, soft skill maupun jiwa kompetisi yang sehat. Untuk itu, Unipa Surabaya memberikan piala bergilir Rektor dengan maksud kegiatan ini akan terus terlaksana setiap tahun. Hal itu diungkapkan Wakil Rektor III Pungut Asmoro dalam upacara pembukaan LMG (Lomba Medan Galang) yang dilaksanakan di kampus II Menanggal, Sabtu (24/5).

“Semenjak pramuka ditetapkan sebagai ekskul wajib disekolah-sekolah, peminatnyapun mulai bertambah. Para orang tua juga mendukung anak-anaknya mengikuti kegiatan ini. Selain prestasinya meningkat pola pikirnya juga semakin dewasa dan mandiri. Kini, pramuka tak lagi dipandang dengan sebelah mata, karena kegiatannyapun sudah mulai beragam dan menyenangkan.”Terang Ratih pembina dari SMP Wahid Hasim 9 Sedati.

Indah Panitia kegiatan menambahkan, peserta yang ikut berpartisipasi dalam acara ini ada 33 regu se- Jatim dengan rincian 14 putra dan 19 putri. Mereka berasal dari wilayah Surabaya, Sidoarjo, Tulung Agung, Lamongan. Untuk mengikuti acara ini mereka ada persiapan waktu sekitar dua bulan dan technical meeting dilaksanakan satu minggu sebelum kegiatan untuk menyatukan suara antara panitia dan para pembina.

“Dalam LMG tahun ini ada tujuh lomba yang digelar diantaranya, galang cermat, penjernihan air, juru masak unyu, menaksir tinggi, hasta karya, ketangkasan dan pioneering. Mereka akan berkompetisi untuk memperebutkan juara umum dengan memenangkan piala bergilir Rektor Unipa Surabaya. Selain itu, ada juara I,2,3 dengan hadiah tropi, uang pembinaan, sertifikat, dan vandal. Untuk masing-masing lomba kita menyiapkan juri yang berkompeten di bidangnya. Mereka dari Perguruan Tinggi di Surabaya dan sekitar seperti, Unesa, ITS, IKIP PGRI Madiun, IKIP PGRI Jombang, Unair dan sebagainya.”Terang Indah

Sementara itu, Deni penanggung jawab kegiatan menambahkan kegiatan ini sudah ke empat kalinya dari tahun 2002. Ajang ini sangat baik untuk melatih jiwa berkompetisi, dan belajar untuk menjadi orang yang bertanggung jawab. Tidak hanya tingkat SMP tetapi nantinya akan merangkul penggalang SD seperti yang sebelumnya dilakukan. ”tukasnya.


  • Akademik
  • Humas