Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

CINDERAMATA: Rektor Unipa Drs. H. Sutijono MM menyerahkan cinderamata berupa miniatur logo Unipa kepada Mendikbud RI Prof Dr M Nuh DEA.

SURABAYA- Universitas PGRI Adi Buana Surabaya mendukung kurikulum 2013 yang mulai Juli mendatang akan segera dilaksanakan. Sosialisasi kurikulum 2013 tersebut sekaligus peresmian Gedung Prof. Ki. Agus Soelaiman Joesoef Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya. Acara peresmian tersebut dihadiri oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Prof. Dr. M. Nuh, DEA. Kegiatan berlangsung di kampus Menanggal Gedung Pascasarjana lt 5. Minggu (31/3).

             Sosialisasi Kurikulum 2013 ini dihadiri sekitar 800 guru dari berbagai penjuru di Jawa Timur. Mereka tampak khidmad mendengarkan sosialisasi kurikulum yang akan segera di canangkan bulan Juli mendatang.

 “menurut M Nuh, dalam KTSP vs kurikulum 2013, menelisik KTSP peran pemerintah kecil, peran guru besar dan efektifitas guru ke murid sedikit, sedangkan kurikulum 2013 orientasinya ke siswa, beban guru minim dan efektifitas guru ke murid lebih besar. M Nuh menegaskan tentang “trilogi yaitu kegiatan kurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler perlu digalakkan untuk mendukung keberhasilan kurikulum 2013 ini.

Tersirat pesan M Nuh untuk guru di Jawa Timur “biarkan hujan itu turun tetapi kita siapkan payung agar kita tidak kehujanan”. Oleh karena itu kita siapkan kurikulum yang baik untuk pendidikan anak Indonesia. Memasuki era baru tingkat emosional siswa juga semakin tinggi oleh karena itu guru harus mampu membangkitkan motivasi dan bisa melihat jauh kedepan bukan sebagai miopi yang dapat merugikan. kurikulum 2013 ini menarik untuk dilaksanakan, proses pembelajarannya mendukung kreatifitas, membangkitkan kemampuan bertanya, bernalar, bereksperimen, dan berkomunikasi pada anak didik.

             Sementara itu, Rektor Unipa Surabaya Sutijono menambahkan, pendidikan adalah pondasi yang tidak bisa ditawar-tawar lagi. Kurikulum sebagai alat memajukan pendidikan karena Pendidikan tersebut pilar utama dalam mendukung pembangunan nasional. Nah ini menjadi tanggung jawab bersama agar penerapan kurikulum ini bisa berhasil.

Setelah sosialisasi kurikulum 2013 dipaparkan, dilakukan peresmian Gedung Prof. Ki. Agus Soelaiman Joesoef Pascasarjana Universitas PGRI Adi Buana (Unipa) Surabaya yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Mendikbud RI. Tampak mendikbud di dampingi oleh Rektor Unipa Drs. H Sutijono MM, Wakil Rektor dan para pejabat Unipa lainnya. Ketua Umum PB PGRI Dr Sulistyo M.Pd, Rektor Unesa Prof Dr Muchlas dan lain-lain. Usai penandatanganan Rektor Unipa Drs. H Sutijono MM menyerahkan cinderamata kepada Mendikbud RI Prof. D. M. Nuh, DEA berupa miniatur logo Unipa. *Unipasby.


  • Akademik
  • Humas