Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Paparan: Dr Rachma Hasibuan dari Penelia Pusat saat menyampaikan bahan Pelaksanaan Uji Kinerja di Gedung Soelaiman Joesoef.

 

Surabaya- Dalam rangka pelaksanaan Uji Kinerja (UKin) Program Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan dan Prajabatan di sekolah, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menyelenggarakan briefing yang dihadiri oleh Kepala Sekolah, Waka Kurikulum,  dan Penguji di Gedung Soelaiman Joesoef Kampus II  Unipa Dukuh Menanggal Surabaya. Senin, (29/4)

 

UKin sendiri merupakan uji kompetensi untuk menilai kemampuan peserta dalam merencanakan, melaksanakan,  dan mengevaluasi pembelajaran. Ada kurang lebih 17 sekolah yang hadir di acara ini, antara lain SMPN 21 Surabaya,  SMPN 22 Surabaya, SMPN Sukodono Sidoarjo, SMPN 2 Taman Sidoarjo,  SMPN 3 Taman Sidoarjo, SMPN 1 Sedati, SMA ITP Surabaya, SMAN 10 Surabaya, SMAN 15 Surabaya dll.

 

Para Kepala Sekolah, Waka Kurikulum,  dan Penguji  yang hadir diberikan pembekalan tentang UKin yang langsung disampaikan oleh Dr Rachma Hasibuan dari Penelia Pusat. 

 

Menurut Rachma fokus penilaian dalam UKin terdiri atas, ketepatan alur dan tahapan proses pembelajaran, RPP,  kualitas interaksi dengan siswa,  penggunaan media, hingga kemampuan melakukan evaluasi dan umpan balik di akhir proses pembelajaran. 

 

Dia menegaskan, yang bisa menjadi penguji UKin adalah dosen atau guru. Dosen tetap ber-NIDN/NIDK dari LPTK penyelenggara PPG, memiliki NRP (Nomor Registrasi Penguji), jabatan minimal lektor, memiliki sertifikat dosen profesional dsb. Sedang untuk guru harus guru tetap di sekolah,  bukan guru pamong, memiliki NRP, berkualifikasi S-2 atau S-3. 

 

"Tugas penguji hanya memberikan penilaian, memberi sanksi, memasukkan nilai, dan mengisi berita acara,"tandasnya.  

 


  • Akademik
  • Humas