Secondary Nav

Menu

Berita Kampus

Prof Dr Nyoman Dantes Guru Besar UNDIKSHA (tiga dari kiri) bersama Kaprodi dan para dosen PGSD Unipa

 

Surabaya- Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Universitas PGRI Adi Buana Surabaya menyelenggarakan seminar nasional yang mengusung tema "Peran Guru SD Dalam Pembangunan Karakter Bangsa". Sabtu,  (8/12). Kegiatan yang diikuti ratusan peserta tersebut menghadirkan Prof Dr Nyoman Dantes Guru Besar UNDIKSHA dan Dr Martadi MSn Ketua Dewan Pendidikan Surabaya. 

 

Prof Nyoman mengatakan, kurikulum 2013 sudah mencakup KI I,  KI 2, KI 3, dan KI 4 mengenai sikap spiritual,  sosial,  pengetahuan, dan keterampilan. Yang harus diwaspadai yakni pada dampak pembelajarannya. 

 

Pada kesempatan ini, Martadi menegaskan, guru merupakan profesi terpenting dalam pembangunan karakter bangsa. Oleh karena itu, ia pun berharap adanya komitmen pemerintah dalam memuliakan guru.

 

Martadi mengatakan, tantangan guru di era revolusi industri 4.0 sangat tidak mudah. Hal tersebut dikarenakan adanya pengaruh teknologi sehingga fokus guru tidak hanya pada siswa tetapi juga pada orangtua. "Karakter siswa sendiri tidak cukup diajarkan oleh guru tetapi juga keluarga, sehingga pola asuh harus dibarengi pendidikan orang tua yang baik, "terang Martadi. 

 

Menurutnya, sekolah yang bermutu adalah yang memberikan bekal karakter dan salah satu hal yang harus dilakukan adalah mengarahkan pada hal-hal positif salah satunya dengan membangun budaya menulis yang baik di lingkungan sekolah.  

 

 

 

 

 


  • Akademik
  • Humas