Secondary Nav

Menu

Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR / PGSD (S-1 TERAKREDITASI B) SK BAN PT NOMOR: 157/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VII/2013


Drs. Bahauddin Azmy, M.Pd.
Ketua Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar
PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Negeri Surabaya
S2 Teknologi Pembelajaran Universitas PGRI Adi Buana
S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Lektor

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIT KERJA:
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

 


Wahyu Susiloningsih, S.Pd., M.Pd.
Kepala Laboratorium Pendidikan Guru Sekolah Dasar

PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya
S2 Pendidikan Dasar Universitas Negeri Surabaya

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Tenaga Pengajar

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Guru Sekolah Dasar

UNIT KERJA:
Laboratorium PGSD

 

Progam Studi PGSD yang berdiri pada tahun 2007, berdasarkan SK Pendirian:SK. DIRJEN DIKTI No. 1938/D/T/2007 yang merupakan bagian dari Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya yang mengajarkan kepada mahasiswa sebagai calon tenaga pengajar di Sekolah Dasar dengan memberikan muatan ilmu yang berkaitan dengan teori pembelajaran, metode pembelajaran, manajemen pembelajaran, media pembelajaran SD, kewirausahaan, profesi keguruan, perkembangan peserta didik, multicultural, startegi pembelajaran SD, perencanaan pembelajaran SD, dan inovasi pembelajaran. Di mana semua ini dikemas untuk meningkatkan kualitas dan keprofesionalitasan calon guru ke depan.

VISI

Program studi Pendidikan Guru Sekolah dasar Unversitas PGRI Adi Buana Surabaya memiliki visi: “Menghasilkan lulusan yang kompeten, unggul dan berkarakter sebagai guru Sekolah Dasar”.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang mengacu pada  ketercapaian kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian dan sosial sebagai guru Sekolah Dasar.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar.
  4. Mengembangkan program studi PGSD berbasis IPTEKS, enterpreneurship, dan jati diri bangsa sebagai sarana memasuki dunia kerja serta untuk pengembangan diri.
  5. Membangun kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait untuk menunjang pendidikan dan pembelajaran di PGSD.

TUJUAN

  1. Memahami dan menguasai berbagai model, pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran sesuai kebutuhan serta karakteristik peserta didik Sekolah Dasar.
  2. Menguasai dan mengembangkan kurikulum sekolah dasar sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan IPTEKS.
  3. Terampil melaksanakan penelitian ilmiah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar.
  4. Mampu melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran Sekolah Dasar.
  5. Mampu beradaptasi dan berinteraksi secara harmonis dengan lingkungan.
  6. Menguasai teknologi informasi dan komunikasi serta mampu memanfaatkan untuk pembelajaran dan pengembangan diri secara berkelanjutan.
  7. Menguasai seni-budaya dan mampu memanfaatkan dalam pendidikan dan pembelajaran di Sekolah Dasar.
  8. Memiliki sikap kreatif, inovatif, mandiri, tangguh dan berdaya saing tinggi sebagai inti dari jiwa enterpreneurship.
  9. Memiliki kepribadian yang merefleksikan jati diri bangsa Indonesia.

FASILITAS

Prodi PGSD Unipa Surabaya memiliki fasilitas berupa:

  • 8 ruang Kelas Ber-AC
  • 1 ruang dosen
  • 1 ruang Lab IPA & Matematika
  • 1 ruang Lab Bahasa
  • 1 ruang Lab Ke-SD-an
  • 1 ruang Lab Produksi Media
  • 1 ruang baca
  • 1 ruang Lab Micro teaching
  • Peralatan Marching Band
  • Peralatan Kolintang
  • Peralatan Band
  • Peralatan Gamelan
  • Perlengkapan Sendra Tari
  • Observasi di sekolah dasar mitra PGSD Unipa

KERJASAMA

Melakukan kerjasama dengan Sekolah Dasar mitra, Diknas Kabupaten, LPTK Negeri dan swasta, Unit Koordinasi Progam Hibah (UKPH), Dikti Depdiknas, Kemenag, dan Asosiasi PGSD Indonesia.

PROSPEK LULUSAN

Prospek dan Profil lulusan Prodi PGSD adalah “Lulusan yang diunggulkan oleh masyarakat dam penggunna sebagai GURU SEKOLAH DASAR yang berkarakter dan kompeten di bidangnya.’’

  • Humas