Secondary Nav

Menu

Pendidikan Bahasa Inggris

PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS  (S-1 TERAKREDITASI B) SK BAN PT NOMOR: 1159/SK/BAN-PT/Akred/S/XI/2015


Dr. Dra. Siyaswati, M.Pd.
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris
PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Bahasa dan Seni Universitas Muhammadiyah Surabaya
S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya
S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Bahasa Inggris

UNIT KERJA:
Pendidikan Bahasa Inggris

 


Fajar Susanto, S.S., M.Pd.
Kepala Laboratorium Bahasa PBI

PENDIDIKAN:
S1 Sastra Inggris Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Asisten Ahli

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Bahasa Inggris

UNIT KERJA:
Lab. Bahasa Inggris

 

Pendidikan Bahasa Inggris merupakan salah satu progam studi di FakultasnKeguruan dan Ilmu Pendidikan yang berdiri sejak 1985 berdasarkan SK Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 012/0/1990. Progam studi ini memiliki komitmen untuk menghasilkan lulusan yang memiliki keterampilan berbahasa Inggris, merancang, penelitian dan mengembangkan pembelajaran berbasis TI, serta mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam pembelajaran secara profesional.

 

VISI

Visi Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris adalah sebagai berikut: Menghasilkan sarjana pendidikan bahasa Inggris yang memiliki kompetensi, karakter, daya saing, orientasi global serta wawasan kewirausahaan dan berbasis riset pada tahun 2020.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran Bahasa Inggris dalam rangka pengembangan potensi dan kompetensi mahasiswa dalam aspek kepribadian, keilmuan dan keterampilan, keahlian berkarya, perilaku berkarya, dan berkehidupan bermasyarakat, serta merancang, mengembangkan dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Inggris berbasis Teknologi Informasi.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang bahasa, pengajaran bahasa, dan sastra Inggris.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang bahasa, pengajaran bahasa dan sastra Inggris guna berpartisipasi dalam pendidikan dan pembangunan masyarakat.
  4. Mengembangkan kewirausahaan di bidang bahasa, pengajaran bahasa dan sastra Inggris berbasis riset.
  5. Menjalin kerjasama dengan pihak-pihak terkait (lokal, nasional, regional dan internasional) untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sivitas akademika serta lulusan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang keterampilan berbahasa Inggris untuk merancang dan mengembangkan pembelajaran berbasis IT, serta mampu menerapkan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam pembelajaran.
  2. Mendidik mahasiswa untuk melakukan penelitian dalam bidang bahasa, penngajaran bahasa dan sastra Inggris dan mengaplikasikan IPTEK hasil penelitian untuk meningkatkan kualitas program pendidikan bahasa Inggris yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat terkini dalam bidang pembelajaran bahasa Inggris.
  3. Mengadakan kerjasama dengan berbagai instansi yang terkait dengan riset dan kewirausahaan yang berkaitan dengan disiplin ilmu pendidikan bahasa Inggris, untuk pengabdian kepada masyarakat.
  4. Mendidik mahasiswa untuk mengembangkan kewirausahaan dalam penyediaan jasa di bidang bahasa, pengajaran bahasa dan sastra Inggris berbasis riset.
  5. Merealisasikan nota kesepahaman kerjasama dengan pihak-pihak terkait (lokal, nasional, regional dan internasional) untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sivitas akademika serta lulusan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

FASILITAS

Sebagai penunjang praktek dan pembelajaran, Progam Studi Bahasa Inggris dilengkapi dengan laboratorium multimedia bahasa, laboratorium ICT (Information Communication and Technology), ruang kelas ber LCD, perpustakaan Prodi dan self acces.

KERJA SAMA

Dalam pengembangan pemelajaran, Progam Studi Bahasa Inggris sampai saat ini bekerjasama dengan Masyarakat Linguistik Indonesia, Balai Bahasa Surabaya, Sekolah Mitra, RELO (Regional English Language Office) Kedutaan Besar Amerika Serikat, Institute of Teacher Education – Internasional Languages Campus Kuala Lumpur Malaysia dan ISTAVIN Singapore, dan EEC (Easy English Course).

PROSPEK LULUSAN

Menghasilkan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggeis yang memiliki kompetensi keilmuan bahasa Inggris yang profesional di tingkat SMP dan SMA serta memiliki keahlian kewirausahaan di bidang English Language Training Management ( Manajemen dalam bidang Pelatihan Bahasa Inggris ), dan profesi lain seperti; guide, tour leader, banking, business, English secretary, public speaker, translator, interpreter, dan pengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak (TEYL- Teaching English to Young Learners)

  • Humas