Secondary Nav

Menu

Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia

PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA (S-1 TERAKREDITASI B) SK BAN PT NOMOR: 164/SK/BAN-PT/Ak-XVI/S/VIII/2013


Dr. Sunu Catur Budiyono, M.Hum.
Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia
PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Negeri Malang
S2 Linguistik Universitas Udayana
S3 Ilmu Sosial Universitas Airlangga

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Lektor

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

UNIT KERJA:
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 


Tri Indrayanti, S.Pd., M.Pd.
Kepala Laboratorium Bahasa dan Sastra PBSI
PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta
S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Sebelas Maret

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Tenaga Pengajar

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

UNIT KERJA:
Laboratorium Bahasa dan Sastra Indonesia

 


Dr. Agung Pramujiono, M.Pd.
Kepala UPT. Program Pengalaman Lapangan FKIP
PENDIDIKAN:
S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia IKIP Negeri Malang
S2 Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya
S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Universitas Negeri Surabaya

JAB. FUNGSIONAL AKADEMIK:
Lektor Kepala

UNIT HOMEBASE:
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

UNIT KERJA:
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

 

Progam Studi Pendidikan Bahasa dn Sastra Indonesia berdiri sejak tahun 1983, dengan Nomor SK Pendirian 377/Q/1984 dan telah meluluskan banyak tenaga guru (sebagian besar), selebihnya sebagai wartawan, penyiar radio, tenaga di Telivisi dan lain-lain. Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia telah terakreditasi B, hingga saat ini terus menjalankan progam DIA BERMUTU BATCH III dari DIKTI untuk meraih akreditasi A.

 

VISI

Menghasilkan pendidik yang berkepribadian luhur, CAKAP (Cendekia, Aktif, Kreatif, Adaptif, Profesional), dan unggul.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia dalam rangka pengembangan potensi dan kompetensi mahasiswa dalam aspek kepribadian, keilmuan dan keterampilan, keahlian berkarya, perilaku berkarya, dan berkehidupan bermasyarakat serta mampu merancang dan mengembangkan pembelajaran berbasis TI.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat untuk mengaplikasikan ilmu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pembelajarannya guna berpartisipasi dalam pendidikan dan pembangunan masyarakat.
  4. Menjalin kerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk meningkatkan kompetensi dan profesionalisme sivitas akademika serta lulusan.

TUJUAN

Menghasilkan lulusan yang memiliki profil kompetensi:

  1. menguasai linguistik bahasa Indonesia.
  2. memiliki kepekaan dan keterampilan berbahasa Indonesia.
  3. memiliki wawasan yang memadai dalam bidang sastra dan budaya.
  4. mempunyai kompetensi pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia.
  5. mampu mengembangkan media pembelajaran berbasis TI.
  6. mampu mengembangkan profesionalisme secara berkelanjutan.

FASILITAS

Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia memiliki laboratorium drama yang digunakan mahasiswa untuk berlatih teater, musikalisasi puisi, laboratorium bahasa, ruang diskusi, dan ruang-ruang kuliah berfasilitas memadai untuk proses belajar mengajar.

KERJASAMA

Kerjasama yang sampai saat ini masih berjalan yaitu dengan Balai Bahasa Jawa Timur dalam hal Seminar Internasional, pelatihan guru diberbagai kota di Jawa Timur, sekolah-sekolah dalam hal PTK dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia.

PROSPEK LULUSAN

Lulusan Progam Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia terutama menjadi guru Bahasa Indonesia yang profesional dan profesi lain yang berkaitan dengan kebahasaan seperti : sastrawan, wartawan, editor bahasa, penulis, dan sebagainya.

  • Humas