Loading

Berita Kampus

Diana Evawati Terapkan Sikap Dan Perilaku Higiene Sanitasi
14/Juni/2017
Category: berita kampus

BANGGA: (empat dari kiri) Diana Evawati usai ujian disertasi bersama rekan dosen Unipa Surabaya.  

Surabaya- Kehadiran industri  kreatif memberikan peluang para lulusan SMK agar memiliki kemampuan berwirausaha, mengenal, dan menangkap peluang setelah memasuki dunia kerja. Perkembangan bisnis kuliner beberapa tahun terakhir semakin masif yang mana Indonesia menjadi pasar yang potensial. Hal inilah yang melatarbelakangi Dr. Diana Evawati, S.Pd., M.Kes. melakukan penelitian terkait penerapan hygiene sanitasi yang merupakan syarat untuk menghasilkan makanan yang sehat, aman, dan bernilai jual.

Salah satu tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis penerapan hygiene sanitasi berpengaruh terhadap kegiatan praktik dalam unit produksi jasa boga siswa SMK Program Keahlian Jasa Boga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan populasi penelitian siswa SMK Program Keahlian Jasa Boga di kota Surabaya kelas XII.

Menurut Diana dalam penelitiannya melibatkan sebanyak 779 siswa. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan random sampling sehingga nantinya akan diperoleh sampel penelitian sebanyak 122 siswa, teknik dalam pengumpulan data ini menggunakan observasi, unjuk kerja, dan juga angket. Sementara, untuk teknik analisis data yakni pemodelan Structural Equation Modeling  atau yang dikenal (SEM) PLS.

Dalam disertasi berjudul Penerapan Sikap dan Perilaku Hygiene Sanitasi, Penguasaan Sarana, Hasil Pembelajaran Kewirausahaan dalam Kegiatan Praktik Unit Produksi terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa SMK Pariwisata Program Keahlian Jasa Boga di Kota Surabaya, perempuan yang akrab disapa Diana ini berhasil mempertahankan penelitiannya dihadapan para penguji di gedung Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Keberhasilan tersebut menandakan bahwa dia telah resmi menyandang gelar Doktor Pendidikan Kejuruan.

Dari hasil penelitian Diana menunjukkan bahwa penerapan sikap dan perilaku higyene sanitasi memiliki pengaruh positif terhadap hasil praktik produksi, kemampuan berwirausaha, dan unit produksi,”ungkap dosen Pendidikan kesejahteraan keluarga (PKK) Unipa Surabaya.

Diana mengatakan, dari hasil peneliannya tersebut pengembangan berwirausaha praktik unit produksi di SMK perlu menjalin kemitraan dan membangun komunikasi aktif dengan stakeholder, mensinkronkan antara mata pelajaran teori kewirausahaan, pengelolaan usaha boga, dengan pembelajaran di unit produksi artinya penelitian ini masih bisa dikembangkan lebih luas lagi sampai tingkat nasional agar diketahui sejauh mana kesiapan kewirausahaan siswa SMK untuk bekerja, melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi dan berwirausaha.

Diana mengaku berhasil menyelesaikan kuliah S-3 selama 2 tahun, 8 bulan, dan 5 hari di Universitas Negeri Malang. “Alhamdulillah, berhasil dengan cepat tapi setelah ini masih banyak yang harus dikerjakan,”tambahnya.
lampiran : tidak ditemukan